Langsung ke konten utama

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

    

MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

Guru        : Susi Purwaningsih, S.Pd

Kelas       : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG

Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai!

Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya. 

Bersamaan dengan apa yang akan bu susi jelaskan silahkan anak-anak siapkan buku tulis kalian untuk mencatat penjelasan materinya, kemudian silahkan kalian buka buku paket Bahasa Indonesia halaman 92-93. Jika sudah, bacalah penjelasan materi berikut dengan seksama!

Materi: 
- Prihal menanggapi kita dapat menanggapi suatu karya bisa berupa karya sastra, karya seni dan lain     sebagainya, bentuk tanggapan berkaitan dengan pujian atau kritikan; cara menanggapi berkaitan     dengan cara urutan penyajian tanggapan.

Langkah menyimpulkan Teks Tanggapan:

1. Membaca paragraf: membaca keseluruhan teks dengan seksama dan cermat

2. Menentukan kalimat utama: cari inti kalimat dari setiap paragraf (biasanya ada pada awal kalimat)

3. Membuat simpulan: gabungkan kalimat utama dari setiap paragraf kemudian Tarik garis besarnya         hingga menjadi satu kesimpulan yang padu.

Langkah menulis teks tanggapan

1. Tentukan topik/ karya yang akan ditanggapi

2. Baca, pahami, pelajari karya tersebut

3. Catat hal-hal penting yang ada dalam karya tersebut

4. Cari tahu kelemahan dan keunggulan yang ada dalam karya tersebut

5. Susunlah hal-hal yang penting, dari kelemahan dan keunggulan dalam satu teks

6. Kembangkan susunan tersebut menjadi teks tanggapan sesuai dengan struktur teks tanggapan

Latihan Soal: Kerjakan dengan sungguh-sungguh sebelum menjawab pastikan membaca materi yang telah dipaparkan.

1.  Jika sudah memahami maksud dari penjelasan di atas coba anak-anak perhatikan soal pada tabel             halaman 93 SILAHKAN DIKERJAKAN

2. Bacalah Cerita Pendek berikut yang berjudul Sri Sumarah karya: Umar Kayam untuk menjawab             pertanyaan-pertanyaan berikut:






    a. Siapa Sri Sumirah?
    b. Bagaimana menurutmu isi dari cerpen tersebut?
    c. Apa keunggulan dari cerpen tersebut?
    d. Apa kekurangan dari cerpen tersebut?
    e. Buatlah teks tanggapan dari cerpen tersebut!

Tugas dikumpulkan maksimal pukul 16.00 pada link berikut: KARENA TERLAMBAT SILAHKAN KIRIM JAPRI FOTO TUGAS KE BU SUSI







Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (