Langsung ke konten utama

BAB 4 - MEMBERI TANGGAPAN DENGAN SANTUN

 PENDALAMAN MATERI

TEKS TANGGAPAN

  • Mengidentifikasi Informasi Teks Tanggapan

Menanggapi sesuatu harus objektif, yaitu berdasarkan apa yang sesungguhnya terjadi, fakta, dan kenyataan. Gunakan kata yang santun. Walaupun yang disampaikan merupakan hal yang kurang baik, tetap harus disampaikan dengan tata cara dan bahasa yang baik. Pada bab ini, kita akan belajar mengidentifikasi informasi pada teks tanggapan. Teks tanggapan adalah adalah kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya. Tanggapan yang bersifat kritikan, merupakan tanggapan terhadap suatu hal yang buruk dan disertai dengan alasan tertentu. Tanggapan yang bersifat pujian, merupakan pernyataan memuji atau menyanjung sesuatu yang baik atau bagus. Tujuan teks tanggapan adalah memberikan penilaian mengenai kelebihan dan kekurangan sebuah teks dan disertai dengan saran. Fungsi teks tanggapan adalah untuk menganalisis dan memperbaiki suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya. Berikut ini adalah cara mengidentifikasi teks tanggapan.

1. Membaca teks secara keseluruhan.

2. Memahami isi teks.

3. Memahami ciri khas baik struktur dan kaidah kebahasaan dari teks tanggapan deskriptif.

4. Kekurangan yang terdapat di dalam teks tanggapan deskriptif dapat dilengkapi dengan memadukan setiap bagian struktur teks dan memperbaiki kaidah kebahasaan teks tanggapan deskriptif.

  • Menyimpulkan Informasi Isi Teks Tanggapan

Setelah mengidentifikasi informasi teks tanggapan, kalian dapat menyimpulkan informasi dari teks tersebut. Kali ini kalian akan belajar menanggapi dan menyimpulkan isi teks tanggapan.

1. Menanggapi isi Teks Tanggapan.

 Menanggapi artinya memberi respons terhadap isi informasi yang disampaikan. Proses menanggapi isi informasi dalam teks selalu berkaitan dengan suatu bacaan. Bacaan merupakan kalimat yang mendukung suatu topik. Tujuan utama dalam melakukan kegiatan membaca ialah untuk mendapatkan informasi. Adapun beberapa langkah menanggapi isi informasi teks tanggapan, antara lain sebagai berikut.

a. Membaca secara keseluruhan teks.

b. Mengidentifikasi informasi dalam teks.

c. Menanggapi teks dengan kritikan atau pujian.

2. Menyimpulkan isi Teks tanggapan

Kritik, saran, atau pujian dapat dijadikan sebuah kesimpulan dalam teks tanggapan. Menyimpulkan isi paragraf mudah dilakukan jika kita tahu caranya. Berikut cara atau langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menyimpulkan isi teks dengan benar.

a. Membaca Paragraf

Jika kita akan menyimpulkan suatu paragraf, sebaiknya kita mengerti isi paragraf tersebut terlebih dahulu, dengan cara membaca seluruh isi paragraf.

b. Menentukan Kalimat Utama

Setelah membaca paragraf tersebut, kalian menentukan kalimat utamanya. Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung gagasan utama dari sebuah paragraf. Kalimat utama dapat terletak.di kalimat pertama atau terakhir dari sebuah paragraf. Dengan menentukan kalimat utama, kita dapat menyimpulkan isi suatu paragraf.

c. Buatlah Kesimpulan

Setelah menentukan inti dari paragraf, kalian menyusun kalimat dengan baik supaya dapat menjadi sebuah kesimpulan yang benar. Simpulan teks tanggapan merupakan pendapat akhir dari data yang terdapat pada isi teks. Berikut beberapa kriteria atau syarat dalam penulisan kesimpulan.

a. Kesimpulan berupa hasil analisis dari paragraf yang sudah dibaca.

b. Kesimpulan menggambarkan isi dari paragraf.

c. Kesimpulan hanya berisi hal-hal yang berada di paragraf.

C. Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan

Menelaah teks tanggapan dapat diartikan sebagai kegiatan mempelajari, menyelidik, mengkaji, memeriksa, serta menilik teks tanggapan. Penelaahan teks tanggapan yang dimaksud adalah penelaahan dari unsur struktur dan kebahasaan, Struktur teks tanggapan terdiri dari tiga bagian, yaitu konteks, deskripsi, dan penilaian.

1. Konteks

Konteks berisi tentang gambaran umum yang dipaparkan oleh penulis mengenai konflik yang ada dalam teks, seperti apa yang ditanggapi, di mana, dan kapan peristiwa terjadi.

2. Deskripsi

Deskripsi adalah bagian kedua yang berisi tentang penjabaran informasi atau pernyataan yang dapat mendukung maupun melemahkan suatu pendapat yang telah dikemukäkan sebelumnya. Misalnya, mengenai apa dan bagaimana sesuatu terrealisasi, diciptakan, atau dihasilkan.

3. Penilaian

Penilalan adalah struktur terakhir teks tanggapan kritis yang berisi mengenal apa yang kita pikirkan tentang sesuatu itu.

Aspek kebahasaan yang dimiliki teks tanggapan terdiri dari kalimat aktif, kalimat tugas, bahasa deskripsi, bahasa penilaian, dan konjungsi.

1. Kalimat aktif

Kalimat aktif adalah suatu kalimat yang subjeknya melakukan tindakan yang diungkapkan dalam predikat terhadap objeknya.

2. Kata tugas

Kata tugas adalah kata yang hanya memiliki arti gramatikal dan tidak memiliki makna leksikal, sehingga maknanya dapat menjadi jelas apabila dihubungkan dengan kata lain.

3. Bahasa deskripsi

Bahasa deskripsi merupakan pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata tentang suatu benda, tempat, suasana, atau kejadian.

4. Bahasa penilaian

Bahasa penilaian dalam teks tanggapan berupa kritikan atau pujian.

5. Konjungsi

Konjungsi merupakan kata penghubung yang berfungsi menghubungkan setiap kata dan juga setiap struktur.

Selain kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan, kemampuan yang harus dikuasai adalah mengungkapkan kritikan dan pujian dengan santun. Siapa pun akan merasa senang jika menerima pujian. Biasakan diri untuk melihat sisi baik orang lain. Kebiasaan ini akan menimbulkan rasa kepercayaan diri yang tinggi karena adanya energi positif. Berikut ini cara memuji orang lain dengan tepat.

1. Lakukan dengan tulus, bukan basa basi

Memuji dengan tidak sungguh-sungguh dan memuji dengan tulus dapat dirasakan perbedaannya.

2. Menghormati dan menghargai

Hati-hati saat memuji untuk tidak memandang SARA karena pujian akan diterima sebaliknya.

3. Waktu yang tepat

Pastikan untuk memuji di saat yang tepat karena beberapa pujian tidak cocok dalam situasi tertentu.

4. Berikan rasa nyaman

Tujuan memuji untuk orang lain dan bukan membicarakan diri sendiri karena akan.membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Selain pujian, memberikan kritik dengan benar akan mendorong seseorang untuk berkembang menjadi lebih baik. Hindarilah memberi kritik yang hanya mencari kesalahan. merendahkan, menjelekkan, dan menyakiti orang lain. Cara.memberi kritik yang membanqun dapat dimulai dengan cara yang positif, yaitu memuji dan menunjukkan apresiasi yang jujur erta tulus, tidak boleh mengkritik di depan umum, hindari menunjukkan emosi yang negatif, dan fokus pada kekuatan unggulan bukan menunjukkan kelemahan atau keburukan.

D. Mengungkapkan Teks Tanggapan Secara Lisan dan Tulisan

Tanggapan dapat disampaikan dalam bentuk lisan dan tertulis. Tanggapan dalam bentuk lisan banyak kita temukan pada saat rapat ataupun acara debat. Sebelum menulis teks tanggapan, kita perlu membuat rancangannya terlebih dahulu. Rancangan diperlukan untuk mempermudah kita menyusun teks tanggapan yang runtut, baik, dan benar. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika merancang teks tanggapan.

a. Memahami struktur teks tanggapan.

b. Menentukan setiap bagian struktur teks tanggapan.

c. Memahami ciri-ciri bahasa dalam teks tanggapan.

d. Memahami penyusunan paragraf yang benar.

Setelah mehulis rancangan, kita dapat menulis telks tanggapan dengan langkah berikut ini.

a. Menentukan tema teks tanggapan.

b. Mengembangkan tema menjadi kalimat-kalimat dengan kata-kata sendiri.

c. Menyusun dan menggabungkan kalimat-kalimat tersebut sehingga menjadi teks tanggapan.

d. Menggunakan bahasa sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Supaya lebih jelasnya mengenai teks tanggapan, perhatikan contoh menulis teks tanggapan dari karya sastra yang berupa puisi berikut! Bacalah terlebih dahulu puisi "Magrib Musim Panas" di bawah ini!

Selanjutnya, kalian dapat menulis tanggapan berdasarkan puisi tersebut. Perhatikan contoh teks tanggapan dari puisi "Magrib Musim Panas" berikut inil!

Hal yang dapat ditangkap pembaca pada bait pertama adalah suasana sedih pada saat magrio tiba. Suasana sunyi dan bahkan mati. Untuk memperkuat sunyi dan mati itu, ditambah dengan baris daunan tak satu menari. Rasa sedih dan sepi tak hanya digambarkan pada dedaunan yang tak bergerak, tetapi juga pada sungai yang biasanya mengalir riang. Namun, di mata hati Bertino, sungai Blumei tidak beriak dengan riang bahkan tanah kering menjadi tidak berseri. Dalam puisi "Magrib Musim Panas, selain suasana sedih, sebenarnya kita juga dapat menangkap rasa religius yang kental pada penyair. Setelah kalian mampu membuat teks tanggapan, kalian harus mampu untuk menyampaikan hasil tanggapan tersebut secara lisan. Saat menyampaikan tanggapan secara lisan, kalian harus memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Menyampaikannya dengan Bahasa yang Jelas dan Santun. Menyampaikan hasil tanggapan menggunakan bahasa yang jelas dan santun adalah hal yang sangat penting agar kritikan kita yang bersifat membangun dapat diterima dengan baik dan tidak menjatuhkan orang lain. Menggunakan Alasan yang Tepat dan Logis

2. Tujuan menggunakan alasan yang tepat dan logis pada saat menyampaikan hasil tanggapan adalah supaya orang lain dapat memahami dan menerima apa yang disampaikan oleh si pemberi tanggapan.

LATIHAN SOAL

Silahkan kerjakan soal di bawah ini dengan sungguh-sungguh, sebelum mengerjakan pastikan kalian suah membaca penjelasan materi di atas!







Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (