Langsung ke konten utama

K.D 3.8 Mengidentifikasi Ciri Bahasa Teks Laporan Hasil Observasi

Guru : Susi Purwaningsih, S.Pd

Kelas : 7D SMP Wahid Hasyim Malang

assalamualaikum wr.wb anak-anak kelas 7D bagaimana kabarnya hari ini? semoga sehat selalu dalam keadaan sehat walafiat dan semangat untuk belajar. Perlu bu Susi ingatkan dalam belajar Bahasa Indonesia kita harus rajin atau membiasakan untuk membaca agar kalian bisa memperbanyak kosa kata dalam berbahasa. Semakin bertambahnya semester dan semakin mempelajari bab-bab baru bertambah tingkat kesulitan yang harus di pelajari dengan sungguh-sungguh. Coba perhatikan di minggu lalu bu Susi menjelaskan materi dan memberikan soal. Ada dua soal yang harus di kerjakan, ada beberapa siswa menjawab dengan jawabaan yang kurang tepat dikarenakan tidak membaca teks bacaan dengan benar. Mulai hari ini harus bisa membedakan mana yang termasuk dalam penjelasan materi sebagai dasar/ bekal untuk menelaah dan mana yang termasuk pertanyaan untuk menjelaskan. Nah, sampai sini bu Susi berharap kalian lebih semangat lagi untuk belajar.

SEMANGAT PAGI SELAMAT BELAJAR 

MATERI (Silahkan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh dan silahkan buka puku paket kalian halaman 129)

1. Menggunakan kata benda penjenis dan kata benda pendeskripsi

  • Kata penjenis adalah kata yang menentukan jenis atau klasifikasi benda yang diikuti. Contoh: kemasan.
          Pada contoh, kata "kemasan" menentukan jenis dari minuman dan "minuman" merupakan kata               benda yang diikuti.

  • Kata pendeskripsi adalah kata yang mendeskripsikan/ menjelaskan kata benda yang di maksud oleh kata penjenis. Contoh: rasanya manis
           Kata "rasanya manis" memberikan penjelasan pada kata minuman bahwa yang dimaksud adalah            minuman yang rasanya manis.

2. Menggunakan kata kerja yang dapat digunakan untuk menjelaskan ciri teks
  • Kata yang digunakan misalnya menggolongkan, mengklarifikasi, memilah, dan sebagainya. Dalam teks hasil observasi dikelompokkan beberapa jenis benda sesuai dengan sifat, bentuk, rasa, dan ketentuan lainnya. Contoh: isotonik, tej, dan susu.
  • Pada teks minuman kemasan, tentu dicantumkan banyak jenis minuman dan untuk membuat teks tersebut runtut dan mudah dipahami, berbagai jenis minuman tersebut perlu dikelompokkan. "isotonik" mengelompokkan minuman yang mengandung ion dan "teh" mengklarifikasikan minuman yang diseduh dari daun teh.
3. Menggunakan kata kerja dalam menjelaskan prilaku/ sifat

  • Contoh: minuman isotonik mengembalikkan ion tubuh
  • Kata "mengembalikan" merupakan kata kerja yang menjelaskan sifat dari minuman isotonik yakni mengembalikan ion tubuh.
4. Menggunakan pernyataan fakta
  • Teks laporan hasil observasi merupakan hasil pengamatan, artinya apa yang diamati dan diperoleh dari pengamatan maka itulah yang menjadi bahan penyusunan laporan. Temuan yang di dapat itu merupakan fakta yang terjadi di lapangan. Contoh: minuman kemasan menggunakan berbagai bentuk kemasan.
  • Pada contoh kegiatan observasi, ditemui minuman dikemas dengan berbagai bentuk kemasan untuk menarik minat pembeli. Harus menjadi fakta yang terjadi di lapangan.   
5. Menggunakan istilah teknis/ ilmiah
  • Teks hasil observasi merupakan laporan maka selayaknya menggunakan istilah ilmiah untuk menyakinkan pembaca bahwa tulisan tersebut memang dibuat dengan menyertakan ilmu pengetahuan di dalamnya. Contoh: ion tubuh
  • Pada contoh, pembahasan mengenai minuman kemasan yang salah satu contohnya minuman isotonik, penulis dapat membahas mengenai ion tubuh. Penulis dapat memberikan sedikit penjelasan seperti "ion tubuh merupakan bahan bakar yang mengaktifkan seluruh rangkaian anggota tubuh".
6. Menggunakan konjungsi (kata penghubung)
  • Adanya konjungsi dan yang digunakan untuk menambahkan sifat-sifat untuk anggota kelas yang sama. Misalnya kelas kata buah; mangga, anggur, semangka, dan salak.
  • Adanya konjungsi tetapi yang digunakan untuk menyatakan perbedaan anggota kelas yang satu dengan kelas yang lain. Misalnya: bangunan museum itu di tahun 2003 sangat tidak terawat tetapi di tahun ini seiring pesatnya wisatawan menjadi sangat terawat karena menjadi tempat kunjungan utama para wisatawan.
  • Adanya konjungsu sementara itu, sedangkan, selanjutnya.
TUGAS - Rabu, 13 Januari 2021
1. Bacalah Teks 1 "Hutan Bakau" dan Teks 2 "Museum" halaman 125-128
2. Kerjakan tabel halaman 130-131 a,b, c
3. Jika sudah silahkan kirim tugas di link berikut: https://forms.gle/bjqKGCzyWF2i3PJk8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (