Langsung ke konten utama

K.D Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan

 MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS TANGGAPAN

Guru    : Susi Purwaningsih, S.Pd

Kelas    : 9A, B & C SMP WAHID HASYIM MALANG

Assalamualikum wr.wb anak-anak hari ini kita belajar materi lanjutan dari minggu lalu tetang Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan. Silahkan buka buku paket halaman 93.

Perhatikan bagan halaman 93

- Dalam struktur teks tanggapan/ struktur retorika. Retorika yang berarti (keterampilan berbahasa secara efektif) terdapat tiga poin yang perlu diperhatikan

1. Konteks      : dalam struktur bagian konteks memuat informasi tentang apa yang harus ditanggapi? Di                           mana, kapan peristiwa terjadi? Peristiwa apa, politik, sosial, seni budaya?
                          contoh: buka buku paket halaman 99 "Model Teks Tanggapan Karya Seni"

2. Deskripsi    : Apa dan bagaimana sesuatu terealisasi/ diciptakan atau dihasilkan?
                         contoh: buka buku paket halaman 100

3. Penilaian    : Apa yang kita pikirkan tentang sesuatu itu ? (bisa berupa pujian, kritik atau saran)
                        contoh: buka buku paket halaman 100

- Bahasa Teks Tanggapan

1. Bahasa Deskripsi
2. Kata-kata yang mengungkapkan penilaian (pujian dan kritik)

TUGAS 

NB: silahkan kerjakan tugas dengan disiplin maksimal pengumpulan tugas pukul 16.00.

1. Silahkan membuat rangkuman pada buku paket halaman 93-99 berupa peta konsep yang diberikan penjelasan secara singkat, padat dan jelas disertain dengan contohnya.

2. Silahkan membaca Model Teks Tanggapan pada buku paket halaman 99-106 untuk menjawab soal

3. Jawablah 6 soal pada buku paket halaman 106 (jawabannya saja)

Jika sudah silahkan kirim tugas pada link berikut: LINK SUDAH BU SUSI TUTUP UNTUK YANG TERLAMBAT SILAHKAN KIRIM TUGAS KE WA BU SUSI

  - SELAMAT MENGERJAKAN -

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (