Langsung ke konten utama

4.7 Menyimpulkan Isi Teks Laporan Hasil Observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar

 Guru                            : Susi Purwaningsih, S.Pd

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia/ Genap

Indikator Pencapaian   : 1. Menentukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi

                                       2. Menentukan informasi rinci teks laporan hasil observasi

                                       3. Menjawab pertanyaan tentang isi laporan hasil observasi

MENYIMPULKAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DALAM BENTUK DIAGRAM 

Assalamualaikum wr.wb anak-anak kelas 7D, bagaimana kabarnya hari ini? semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan lebih semangat untuk belajar. Hari ini bu Susi akan menjelaskan materi lanjutan dari minggu lalu yaiku menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi. Nah, sebelum bu Susi mulai menjelaskan materi silahkan anak-anak untuk membuka buku paket kalian halaman 132.

Untuk memahami pemahaman kalian silahkan baca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebagai bekal untuk menjawab pertanyaan.

COBA PERHATIKAN & BACALAH TEKS BACAAN BERIKUT PADA BUKU KALIAN:

  • Pada paragraf di atas disebut sebagai Pernyataan Umum karena menunjukkan identitas manggis itu sendiri dimulai dari asal-usul manggis dan manfaat secara umum dari buat manggis itu sendiri



  • Pada paragraf  bagian ini di sebut dengan Definisi Bagian karena memuat tentang ciri khas yang ada pada manggis tersebut dimulai dengan bagaimana pohonnya, daunnya, ciri bungannya seperti apa, manfaatnya dll.

  • Nah ini merupakan bagian dari simpulan karena berisi tentang ringkasan secara umum manggis itu sendiri.
Catatan: 
- Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf.
- Ide pokok adalah ide/ gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf.


TUGAS

1. Kerjakan latihan 1.1 pada buku paket kalian halaman 134 (a,b,c & d)
2. Gambar soal C (pohon manggis) serta tentukan topik utamanya 
3. Gambar tabel pada soal D untuk menentukan informasi penting yang terdapat pada setiap paragraf

SELAMAT MENGERJAKAN - Link Pengumpulan tugas: https://forms.gle/w3mt8LkBtLmpe7x79

NB: Silahkan jawab pertanyaan-pertanyaan di atas pada buku tulis kalian, kerjakan dengan sungguh-sungguh. Maksimal pengumpulan tugas pukul 16.00.

SILAHKAN LEBIH DISIPLIN DAN SEMANGAT BELAJAR KARENA SUDAH SEMESTER GENAP







Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (