Langsung ke konten utama

BAB 3- (pertemuan 3) 3.6 Menelaah Struktur dan Bahasa pada Teks Prosedur

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Materi                : Menelaah struktur dan bahasa pada teks prosedur

Tugas                 : Rabu, 14/20/2020 (Minggu ke-2 bulan Oktober)

Guru                   : Susi Purwaningsih, S.Pd

Sumber               : Buku Paket Bahasa Indonesia SMP/ MTs VII 

Penjelasan Materi

Pada bagian ini anak-anak akan mempelajari materi lanjutan dari minggu lalu. Mempelajari secara rinci bagian-bagian/ struktur teks prosedur, membedakan jenis teks prosedur, menelaah penggunaan bahasa dalam teks prosedur. Kegiatan kedua ini bekal anak-anak menghasilkan teks prosedur yang baik. Selain itu, pada kegiatan ini anak-anak akan berlatih melengkapi dengan pilihan kata yang tepat, memperbaiki panggunaan bahasa/ tanda baca ejaan, dan mengubah kalimat sehingga menjadi teks prosedur yang baik. sebelum dijelaskan materinya silahkan anak-anak membuka buku paket halaman 98-101 dan silahkan membaca penjelasan materi berikut dengan seksama!

Menelaah Struktur dan Bahasa pada Teks Prosedur

  • Struktur teks merupakan bagian atau cara teks tersebut dibangun, mungkin masih banyak yang belum tahu kalau struktur teks prosedur disusun oleh bagian tujuan, bagian alat dan bahan, dan diikuti oleh bagian langkah-langkah. Untuk lebih jelasnya bisa lihat penjelasan berikutnya.
  • Bagian tujuan, berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan dicapai (dapat berupa judul) 

  • Bagian material (alat dan bahan): berisi informasi tentang alat atau bahan yang dibutuhkan, namun tidak semua teks prosedur terdapat bagian material (umumnya terdapat dalam resep makanan). Merinci bahan dan alat dengan ukuran yang akurat.
  • Bagian langkah-langkah: berisi cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan. Bagian ini biasanya tidak dapat diubah urutanya. Urutan langkah secara rinci pertahap.
  • Dari Penjelasan di atas anak-anak sudah pasti mendapatkan gambaran bahwa dalam teks prosedur memiliki struktur; Tujuan, Bahan dan Alat, Langkah-langkah, dan Penutup. nah, untuk memhami secara jelas setiap struktur maka akan dijebarkan penjelasannya di bawha ini.
  1. Bagian tujuan menyebutkan apa yang dibuat atau dilakukan. Pada bagian ini penulis mencoba menangkap minat pembaca pada produk atau kegiatan yang akan dibuat panduannya, dengan menggunakan pilihan kata yang mampu menarik perhatian dan hindari ungkapan negatif seperti "susah dilaksanakan" atau "akan memakan awaktu lama".
  2. Alat dan bahan yang digunakan dalam teks prosedur cara membuat sesuatu diperlukan alat dan bahan. Misalnya resep makanan, membuat hiasan (kerajinan), dll. alat dan bahan dirinci sampai ukuran yang akurat karena untuk menghasilkan produk yang baik.
  3. Langkah-langkah dalam teks prosedur merupakan inti dari tujuan teks prosedur. Langkah-langkah berisi tahap-tahap kegiatan/ urutan kronologis (termasuk hal yang perlu diperhatikan; jika panduan untuk permainan, berikan aturan untuk permainannya).
  4. Penutup pada teks prosedur merupakan bagian lain yang menekankan pada keuntungan dan ucapan selamat dari produk yang dibuat (untuk contoh kalimatnya dapat di perhatian pada penjelasan tabel di atas)
Bentuk penyajian langkah:

- Langkah dalam teks prosedur bisa disajikan dalam dua bentuk
Dalam bentuk uraian paragraf menggunakan kata... pertama, ... kedua, .... ketiga   dan dalam bentuk penomoran pada setiap langkah dengan urutan ke bawah contoh pada buku paket halaman 93-94 "Membuat Batik Tulis" 

Penggunaan kata penghubung pada langkah
- Menyatakan waktu: kemudian, ketika, sebelum, sementara, sesudah itu
- Menyatakan tujuan: supaya, untuk, agar 
contoh: (untuk mencapai hasil terbaik panggang dengan api kecil sekitar 10 menit)
- Menyatakan urutan: pertama, kedua, ketiga

Penggunaan kalimat Perintah, Saran, Larangan, dalam langkah-langkah
- Perintah: lakukan ini, lakukan itu
- Dengan saran: untuk mencapai hasil terbaik sebaiknya lakukan ini
- Peringatan: hindari, jangan lakukan
- Konjungsi (kata penghubung) urutan langkah-langkah: Pertama, kedua, kemudian, berikutnya, setelah ini, setelah melakukan ini. untuk memberi batasan digunakan konjungsi (sehingga, hingga, dll)

Kesimpulan
Cara membuat penutup teks prosedur adalah dengan merujuk kembali ke hal-hal pokok yang disebutkan dalam pendahuluan dan ulang kembali dengan kata yang lain (sinonim) atau ucapan selamat atau memotivasi orang untuk melakukan. Ucapan selamat menikmati keindahan, kenyamanan, kelezatan hasil kegiatan yang dilakukan.Contoh:

- Ternyata mudah membuat masakan tradisional yang satu ini. Kue lezat siap di nikmati.
- Tidak serumit yang kita bayangkan ya, ternyata mudah bukan menjaga kesehatan sambil bekerja.
- Dengan senam ringan, hidup lebih sehat tetap bisa diusahakan di tengah pekerjaan yang padat.
- Sederhana: mudah di buat atau dilakukan.
- Tidak memakn waktu: dengan cepat.
- Praktis: bermanfaat.
- Atraktif: bagus, cantik, indah, unik.
- Ekonomis, hemat: tidak mahal/murah.
- Menyenangkan: mengasyikkan.
- Merangsang selera: lezat.
- Bergizi: menyehatkan.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=KN42eBLGsU0
Bagaimana penjelasan materi di atas? apa sudah memahami struktur dan penggunaan bahas apada teks prosedur? nah, jika suddah bisa melanjutkan pengerjaan tugas yang wajib dikumpulkan hari ini dan jika belum paham terkait penjelasan materi di atas bisa menghubungi bu susi.

TUGAS!
1. Silahkan mengerjakan soal pada buku paket halaman 101 (4 soal uraian & tabel; menentukan ciri isi dan ciri bahasa pada teks prosedur)
2. Silahkan mengerjakan soal pada buku paket halaman 104 "Mengidentifikasi Bagian-bagian Struktur Teks Prosedur" Tabel teks 1 (cara membuat batik halaman 92-94) & tabel teks 2 (cara mencuci tangan halaman 95-96)
3. Tugas wajib dikumpulkan hari ini maksimal pukul 18.00, dan tugas di kirim di link berikut: https://forms.gle/yub6frHWxAqDNpfD8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (