Langsung ke konten utama

BAB 3- (pertemuan 2) 4.5 Menyimpulkan Isi Teks Prosedur

 Materi : Menyimpulkan isi teks prosedur

Kelas : 7D

Sumber belajar: Buku Paket Bahasa Indonesia SMP/ MTs VII 

Guru : Susi Purwaningsih, S.Pd

Tugas: Rabu, 7 Oktober 2020


Assalamualaikum anak-anak coba perhatikan materi lanjutan dari minggu lalu tentang Teks Prosedur. Hari ini kita belajar tentang bagimana memahami penjelasan materi pada buku paket halaman 92-97 (Menyimpulkan dan memperagakan hasil simpulan pada Teks Prosedur)

Keseimpulan adalah intisari dari sebuah teks atau langkah. Agar dapat menyimpulkan maka kita harus membaca seluruh teks bacaab. Selian itu, kita bisa menuliskan ringkasan urutan langkah teks dengan bahasanya sendiri.

Memperagakan Hasil Simpulan Teks Prosedur

- Menuliskan kembali langkah-langkah membuat sesuatu dengan yang logis (masuk akal)

- Memperagakan langkah-langkah tersebut secara urut sesuai dengan urutan yang dibuat.

- Mengevaluasi langkah jika terjadi permasalahan.

- Menetapkan langkah yang di maksud jika urutan yang disusun sudah sesuai dan menghasilkan produk yang baik.

TUGAS!

1. Silahkan membaca kedua teks pada buku paket halaman 92-96

2. Silahkan mengerjakan soal pada halaman 96 (soal di tulis)

3. Tugas wajib dikumpulkan hari ini pada link berikut: https://forms.gle/H6MMyPN3fWe8NE5H6

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masala...

BAB 3 (pertemuan 2) 4.6 - Menjelaskan Struktur dan Aspek Kebahasaan cerita pendek

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Materi                : Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek Tugas                 : (Minggu ke-2 bulan Oktober) Guru                   : Susi Purwaningsih, S.Pd Sumber               :  Buku Paket  Bahasa Indonesia SMP/ MTs IX Assamualaikum anak-anak kelas 9, bagaimana kabar kalian hari ini? semoga senantiasa sehat selalu dan siap untuk belajar dengan semangat. Minggu lalu di pelajaran bahasa indonesia kalian semua telah mempelajari tentang mengidentifikasi cerita pendek, mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, fungsi, jenis dan teknik mengarangnya. Aoakah kalian semua sudah memahaminya dengan membaca materi yang telah dipaparkan? Bu susi berharap kalian memahami dengan baik di kondisi...

K.D Mengungkapkan Teks Tanggapan Secara Lisan dan Tulisan

 Guru                     : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia kelas 9 A, B & C Assalamualaikum wr.wb anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini ? semoga senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Sebelum bu susi jelaskan mengenai pembelajaran hari ini bu susi sampaikan semangat belajar karena materi bahasa Indonesia tinggal 10x pertemuan/ tatap muka setelah itu kalian akan melaksanakan Ujian Praktik dan Ujian Sekolah. Disini bu susi berharap kepada anak-anak yang merasa nilainya masih kosong dan banyak tanggungan tugas silahkan segera dituntaskan, belajar disiplin dan bertanggung jawab. Setiap guru mengharapkan kebaikan pada murit-muritnya tetapi kebaikan itu akan tumbuh ketika kedasaran pada diri kalian ada. Nah, setelah apa yang bu susi sampaikan di atas mudah-mudahan kalian dapat menerapkannya. SEMANGAT. Hari ini kita belajar dari materi lanjutan di minggu lalu tetap pada Teks Tanggapan, pada mater...