Langsung ke konten utama

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini. 



Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu
  1. mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar
  2. menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar
  3. menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar
  4. memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar

A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel

Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fantasi. Fabel dan cerita fantasi sama-sama teks narasi. Sebelum belajar teks fabel, kamu perlu memahami paparan mengenai fabel berikut. Pemahaman teori mengenai fabel
mengenai hakikat cerita dan fabel akan memudahkan kamu dalam belajar teks fabel dalam buku siswa ini. Bacalah paparan berikut dengan saksama!


Setelah membaca teks di atas, apakah kalian sudah bisa mengidentifikasi jenis cerita fabel ? Fabel termasuk jenis dongeng, yaitu cerita fiksi (rekaan) yang dikembangkan berdasarkan khayalan belaka (fantasi). Artinya, kisah dan peristiwa yang disajikan dalam dongen tidak benar-benar terjadi. Fabel menceritakan kehidupan binatang yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel juga sering disebut cerita moral karena di balik kisah dan peristiwa yang disajikan terkandung pesan yang berkaitan dengan nilai-nilai moral.

Fabel adalah cerita pendek berupa dongeng yang menggambarkan watak dan budi pekerti manusia yang diibaratkan pada binatang. Karakter-karakter yang terdapat pada binatang tersebut dianggap mewakili karakter-karakter manusia dan diceritakan mampu berbicara dan bertindak seperti halnya manusia. Fabel diceritakan bukan dengan tujuan menghibur semata, melainkan juga sebagai media pendidikan moral yang di dalamnya terkandung nilai luhur, yakni pengenalan tentang budi pekerti.




TUGAS! Rabu, 24/3/2021
1. Silahkan buka buku paket kalian halaman 195-198 (Fabel: Belalang Sembah & Fabel: Sesama Saudara Harus Berbagi) Bacalah!
2. Jika sudah, silahkan kerjakan tabel pada buku paket halaman 198-199 (Tabel A & B)
3. Jika sudah silahkan kumpulkan tugas pada link berikut:


TUGAS! Rabu, 31/3/2021 - Mengidentifikasi Jenis Fabel
1. Silahkan buka buku paket kalian halaman 202-203 kerjakan Tabel 1 (Teks 1& Teks 2) + Tabel 2
2. Baca petunjuk pengerjaan pada buku paket dengan baik
3. Jika sudah, silahkan kumpulkan tugas pada link berikut:



SEMANGAT BELAJAR DAN SELAMAT MENGERJAKAN









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be