Langsung ke konten utama

BAB 2 (pertemuan 3) Menelaah Pidato Persuasif & Menuangkan Gagasan, Pikiran, Arahan, atau Pesan dalam Pidato Persuasif

Pembelajaran Bahasa Indonesia hari ini melanjutkan pembahasan terkait pidato peruasif, dalam menelaah pidato persuasif coba buka buku paket halaman 39-44 untuk mengetahui model pidato persuasif. Bahwa di dalam pidato ada model/bagian yang di sebut ethos, pathos dan logos. 

Ethos adalah karakter, intelegensi, dan niat baik yang dipersepsikan dari seorang pembicara. Logos adalah bukti logis atau penggunaan argument dan bukti dalam sebuah pidato. Pathos adalah bukti emosional atau emosi yang dimunculkan dari para anggota khayalak.

Socrates yang terkenal dan merupakan seorang filsuf yang brilian meringkas inti komunikasi menjadi tiga konsep yang menarik yang disebutnya etos, patos, dan logos. Etos mencakup karakter. Patos mencakup perasaan belas kasihan. Logos mencakup isi.
tos, menurut Socrates, berarti membangun kredibilitas pengajar kredensi atau hal-hal yang membuatnya bisa dipercaya. Socrates tahu bahwa diri anda jauh lebih penting dari perkataan dan tindakan anda, karena diri andalah yang MENENTUKAN apa yang anda katakan dan lakukan. Dalam hal ini siapa anda akan menentukan bagaimana cara anda berkomunikasi dan bisa dipercaya dalam komunikasi.

Aspek ethos bagi pembicara bisa dikembangkan dengan cara:

  1. Menjaga nama baik dan membangun personal branding sehingga pembicara memiliki citra yang baik di mata khalayak dan dipandang sebagai seseorang yang memeiliki integritas dan kredibilitas ketika berbicara.
  2. Bersikap profesional dan disiplin sesuai dengan keahliannya.
  3. Menjunjung etika dan sopan santun
  4. Tidak pelit untuk membagikan pengalamannya pada orang lain
  5. Aktif dalam forum-forum diskusi yang berkaitan dengan program keahliannya serta mampu menghasilkan tulisan-tulisan ilmiah

Patos, atau perasaan belas kasihan, berkaitan dengan bagaimana komunikator membangkitkan semangat pendengar dan menggerakkan emosi-emosi mereka. Hal ini akan menghasilkan MOTIVASI pendengar. Jika anda berkomunikasi dengan perasaan yang benar dan menunjukkan bahwa anda memang peduli maka pendengar anda akan senang sekali melakukan apa saja yang anda ingin pendengar lakukan.

Contoh : Jika kita berbuat baik kepada orang, maka orang juga akan berbuat baik kepada kita.

Logos adalah isi yang menyangkut pengumpulan fakta. Hal ini menjadi alasan mengapa tindakan harus dilakukan oleh pendengar. Logos atau bisa dikatakan juga ilmu memberikan pemikiran dan pengertian. Dengan begitu para pendengar akan memahami alasan logis (masuk akal) melakukan sebuah tindakan atau perintah. Para pendengar akhirnya bisa memahami tindakan dan menjadikan tindakan itu miliknya.

Untuk mengembangkan aspek logos seorang pembicara harus memperkaya dirinya dengan berbagai referensi. Seorang pembicara harus terus belajar dan mengembangkan pengetahuannya. Mengaplikasikan logos dalam orasi atau pidato dilakukan setidaknya dengan tiga prinsip yaitu:

  1. Buatlah pernyataan yang mudah dimengerti
  2. Berikan penjelasan yang mudah dinalar
  3. Berikan contoh nyataethos

Contoh: Jika anda bekerja keras dengan tekun maka anda akan mendapat hasil sesuai dengan hasil pekerjaan anda.

Sumber: https://tionovelia.wordpress.com/2016/10/26/1-jelaskan-apa-yang-dimaksud-dengan-logos-pathos-dan-ethos-sebagai-dasar-ilmu-toast-masters-disertai-masing-masing-contoh/

Kemudian, untuk memahami bagaimana menyajikan pidato persuasif dan isi pidato persuasif simaklah penjelasan materi pada buku paket halaman 44-48 pada link di bawah ini:

 

 
Jika sudah memperhatikan penjelasan materi pada di atas, silahkan mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk berikut:

1. Tulislah teks pidato dengan memperhatikan struktur pidato. silahkan memilih salah satu tema pidato dari daftar berikut:
 
a. Komsumsi BBM. mau hemat atau boros?
b. Aturan sekolah tertentu yang perlu dikritisi jika ada.
c. Bersih dan hijau di lingkungan sekolah.
d. Narkoba
e. Kesetiakawanan sosial sesama bangsa.
f. Hidup rukun dan damai

2. Lembar untuk tugas pada kertas folio (lihat pada buku paket halaman 49)

3. Jika sudah melihat lembar tugas, buatlah pidato persuasif berdasarkan tema pada poin satu (pilih salah satu), untuk kolom catatan suntingan pada tabel halaman 49 sebagai lembar penilaian bu susi.

4. Kerjakan tugas pada kertas folio bergaris jika sudah kirim tugas pada link berikut: https://forms.gle/fxUSUQEdBVWBPCNX6
 
5. Dan tugas tulis dikumpulkan juga pada saat pembinaan dengan wali kelas

(SEMANGAT BELAJAR)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (