Langsung ke konten utama

BAB 2 (pertemuan 1) Membangun Pemahaman penyajian Pidato Persuasif

Pidato persuasif merupakan bagian dari eksposisi. Seperti yang telah di pelajari sebelumnya di kelas 8 bahwa eksposisi digunakan untuk meyakinkan pembaca atau pendengar dengan menyajikan argumen (pendapat) dari salah satu sudut pandang. Dengan mengambil satu sudut pandang dan membuktikan kebenarannya, kita bertujuan meyakinkan orang lain untuk melihat persoalan hanya dari sisi lain. Sehingga dari apa yang sudah di jelaskan tersebut dapat tergambarkan bahwa pidato persuasif merupakan seni mengungkapkan pendapat secara jelas dan logis.

Ada 3 tipe berbeda eksposisi:
 
1) Eksposisi yang dapat merubah sikap orang atau mengubah pendangan orang tentang seuatu hal.
Tulisan yang persuasif ini dapat kita temui pada: editorial surat kabar; pidato politik atau kampanye; media cetak; teks informasi dalam buku; surat kepada editor; pidato; ceramah; mempertahankan hak hukum; khotbah, dls.

2) Eksposisi yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan dan menjual barang, jasa, dan aktivitas.
 
Misalnya penggunaan bahasa persuasif pada iklan dan poster, slogan yang memikat. Contohnya: "Sepuluh langkah memiliki tubuh indah"

3) Eksposisi yang dapat digunakan untuk membela suatu kasus. Misalnya, "Selamatkan Terumbu Karang, Sekarang!"
Eksposisi persuasif memiliki satu sudut pandang yang didukung oleh argumen logis dan bukti.

Tujuan
Pidato Persuasif bertujuan untuk meyakinkan audiensi untuk melakukan sesuatu. Apakah kita ingin orang ikut pemilihan Presiden, berhenti mengotori bumi, atau mengubah pikiran orang tentang persoalan penting, mengajak orang peduli? Pidato persuasif merupakan cara efektif untuk mengubah audiensi. Ada banyak unsur agar piato persuasif berhasil. Namun, dengan beberapa persiapan dan latihan, kamu dapat berpidato dengan hebat.

Persiapan Menulis Pidato Persuasif:
a. Pelajari Topik
b. Pahami Tujuan
c. Pahami /audiensi
Cara Memersuasif: (untuk contoh pada buku paket halaman 37 akan dijelaskan pada link youtobe di bawah ini)
a. Etika (gunakan pendekatan etika)
b. Emosi (gugah perasaan audiensi)
c. Logika (buat masuk akal) 
 
 
Silahkan simak penjelasan materi selengkapnya pada video/ link dibawah ini, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan!


https://www.youtube.com/watch?v=gxNMeJS8atk
 
TUGAS!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar! Kemudian silahkan tulis soal dan jawaban kalian pada buku tulis & silahkan kerjakan tugas dengan disiplin untuk pengiriman tugas pada link yang tertera di bawah.
 
SOAL  
 
1. Jelaskan Apa yang dimaksud dengan pidato persuasif!
2. Apa tujuan dari pidato persuasif? Jelaskan!
3. Pada bagian persiapan menulis dibutuhkan untuk memahami tujuan dan memahami audensi. Coba          jelaskan apa yang dimaksud memahami tujuan dan memahami audensi!
4.  Membuat ungkapan menyakinkan berdasarkan Etika, Emosi & Logika.
    Buatlah ungkapan dengan tujuan menyakinkan orang untuk menanam pohon!
 Etika:    ........................................................................................................................................................
              ........................................................................................................................................................
 
Emosi: ........................................................................................................................................................
              ........................................................................................................................................................
 
 Logika: ........................................................................................................................................................
              ........................................................................................................................................................
5. Eksposisi yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan sesuatu dan menjual barang, jasa dan            aktivitas dapat ditemui pada ..... (sebutkan)

 
 
SELAMAT MENGERJAKAN SEMOGA SUKSES 😊



Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (