Langsung ke konten utama

BAB 3 - (pertemuan 1) 3.5 Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur

Materi : Mengidentifikasi ciri teks prosedur

Kelas : 7D

Sumber belajar: Buku Paket Bahasa Indonesia SMP/ MTs VII 

Guru : Susi Purwaningsih, S.Pd

TEKS PROSEDUR

- Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan terdapat penjelasan/ keterangan dalam langkah tersebut. Atau teks prosedur merupakan teks yang berisi langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh dalam mencapai tujuan.

- Tujuan penulisan Teks Prosedur adalah untuk menunjukkan atau menjekaskan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut. 

- Tujuan Teks Prosedur menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan agar pembaca/ pendengar dapat secara tepat dan akurat mengikuti sebuah proses membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, atau menggunakan suatu alat.

- Ciri-ciri Teks Prosedur dari segi lainnya ada tiga: (a) panduan langkah-langkah yang harus dilakukan, (b) aturan atau batasan dalam hal bahan/ kegiatan dalam melakukan kegiatan, (c) isi kegiatan yang dilakukan secara urut (kalau tidak urut disebut TIPS) Jadi ciri Teks Prosedur:

  • Berisikan langkah-langkah
  • Disusun secara informatif (bersifat memberikan informasi)
  • Dijelaskan secara mendetail
  • Bersifat objektif (faktual/ berdasarkan keadaan yang sebenarnya)
  • Langkah berkelanjutan dengan penjelasan
  • Menggunakan syart/ pilihan
  • Bersifat Universal (umum)
  • Bersifat aktual dan akurat
  • Bersifat logis (masuk akan/benar)
- Ciri-ciri bahasa yang digunakan: (a) kalimat perintah karena pada teks prosedur pembaca berfokus untuk melakukan suatu kegiatan, (b) selain kalimat perintah juga diberikan saran dan larangan agar diperoleh hasil maksimal pada waktu menggunakan, membuat, (c) penggunaan kata dengan ukuran akurat misalnya; (1/4 pung, 5 buah rimpang kunyit), (d) menggunakan kelompok kalimat dengan batasan yang jelas misalnya; (rebus hingga menjadi bubur, lipat bagian ujung kanan sehingga membentuk segitiga sama kaki).

  • Terdapat kalimat imperatif : kalimat yang mengandung perintah
  • Terdapat kalimat deklaratif : kallimat yang berisi pernyataan
  • Terdapat kalimat introgatif : kalimat yang berisi pertanyaan
  • Terdapat bilangan urutan : angka yang menunjukan urutan
- Macam-macam Teks Prosedur

  • Teks Prosedur Sederhana: prosedur yang dapat ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja, contoh: prosedur membuat minuman teks, prosedur membuat minuman kopi pada kemasan, prosedur mengoperasikan setrika.
  • Teks Prosedur Kompleks : prosedur yang terdiri atas banyak langkah dan langkah-langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya. cara membuat nasi goreng, cara membuat obat tradisional, dll
  • Teks Prosedur Protokol : prosedur yang langkah-langkahnya tidak terlalu ketat/ rumit dan mudah dipahami. Contoh: mematikan komputer dengan benar.
  1. Tutup semua aplikasi yang digunakan
  2. Klik menu Star (XP)/ logo windows (7) di pojok kiri bawah
  3. Pilih Stutdown dan tunggu beberapa saat hingga komputer anda benar-benar mati
  4. Setelah komputer benar-benar mati, kemudian tekan tombol pada monitor dan speaker, stabilizer dan perangkat komputer lainnya.
  5. Setelah itu baru cabut kabel dari stop kontak. Hal ini bertujuan menghemat daya dan mengantisipasi terjadinya konsleting listrik.
NB: untuk contoh-contoh jenis Teks Prosedur dapat di lihat di berbagai sumber dan buku paket Bahasa Indonesia kelas VII


Tugas Bahasa Indonesia 7D - Rabu, 30 September 2020

1. Silahkan membaca penjelasan materi tentang Teks Prosedur di atas, kemudian buatlah rangkuman pada buku tulis
2. Kerjakan soal pada buku paket Bahasa Indonesia halaman 86-87 yang tabel
3. Kirim tugas di link berikut: https://forms.gle/VEarmwXV9hCq55zF6

SEMANGAT BELAJAR DAN SELAMAT MENGERJAKAN TUGAS - TUMBUHKAN KESADARAN MEMBACA AGAR MENEMUKAN KESUKSESAN 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be