Langsung ke konten utama

Pertemuan 11 - Menyimpulkan Unsur-unsur Cerita Pendek

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : IX/Ganjil

K.D: 4.5  Menyimpulkan Unsur-unsur Cerita Pendek

Assalamualaikum wr.wb anak-anak kelas 9, bagaimana kabar kalian hari ini ? semoga senantiasa sehat tiada kurang suatu apapun dan tetap semangat untuk belajar. Hari ini berjumpa lagi dengan pelajaran Bahasa Indonesia melanjutkan pembelajaran di minggu sebelumnya tentang Cerpen, sebelum bu Susi lanjutkan pastinya anak-anakku semua sudah paham ya apa yang dimaksud dengan Cerpen ? Ibu coba untuk mengulas kembali bahwa Cerita Pendek (cerpen) mengangkat persoalan kehidupan manusia secara khusus. Tema cerpen berasal dari persoalan keseharian hingga ke renungan filosofis yang dipotret dari kehidupan nyata. Tokoh dan latar bisa saja direkayasa demi kepentingan keindahan cerita dan sekaligus membedakannya dengan teks cerita pengalaman nyata.

Ciri cerpen juga ditandai dengan jumlah karakter yang relatif kecil mencangkup satu tindakan tunggal dengan satu fokus tematik. Unsur yang ada pada cerpen adalah latar, sudut pandang penceritaan, karakter (tokoh), dan alur/plot/struktur.

Bagaimana apakah sudah paham? jika sudah akan bu Susi lanjutkan ke Pendalaman Materi lanjutan yaitu Menyimpulkan Unsur-Unsur Cerita Pendek 

PENDALAMAN MATERI

 Cerpen mengangkat tema atau persoalan kehidupan secara khusus. Tokoh dan latar dapat direkayasa untuk kepentingan keindahan cerita dan membedakannya dengan teks cerita pengalaman nyata. Cerpen memiliki jumlah karakter yang relatif kecil serta mencakup satu tindakan tunggal.

      Pada materi pertemuan sebelumnya, kalian sudah mempelajari unsur intrinsik dalam cerpen. hari ini, kalian akan memahami unsur ekstrinsik cerpen. Unsur ekstrinsik cerpen antara lain sebagai berikut.

1. Latar Belakang Masyarakat

Latar belakang masyarakat merupakan faktor lingkungan masyarakat sekitar yang memengaruhi penulis dalam membuat cerpen tersebut. Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi penulis, di antaranya sebagai berikut.

a. Ideologi negara

b. Kondisi politik

c. Kondisi sosial

d. Kondisi ekonomi


2. Latar Belakang Pengarang

Latar belakang pengarang adalah sebuah faktor dari dalam diri pengarang yang mendorong penulis dalam membuat cerpen. Latar belakang pengarang terdiri dari beberapa faktor, di antaranya sebagai berikut.

a. Riwayat hidup penulis

b. Kondisi psikologis

c Aliran sastra penulis


3. Nilai yang Terkandung di Dalam Cerpen

Terdapat beberapa nilai yang menjadi unsur ekstrinsik dalam sebuah cerpen, dan nilai- nilai tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

a. Nilai agama

Nilai agama, yaitu nilai-nilai dalam cerita yang berkaitan dengan aturan/ajaran yang bersumber dari agama tertentu.

b. Nilai sosial

Nilai sosial, yaitu nilai-nilai yang berkenaan dengan tata pergaulan antara individu dalam masyarakat.

Nilai moral

c. Nilai moral, yaitu nilai-nilai dalam cerita yang berkaitan dengan akhlak/perangai atau etika.

d. Nilai budaya

Nilal budaya, adalah nilai-nilai yang berkenaan dengan kebiasaan/tradisi/adat-istiadat yang berlaku pada suatu daerah.

TUGAS

1. Silahkan membaca penjelasan materi di atas dengan sungguh-sungguh

2. Kerjakan soal pada buku paket kalian halaman 61-62, Menyimpulkan unsur cerpen yang berjudul "Pohon Keramat" halaman 53-60

3. Tulis jawaban/ hasil pekerjaan kalian pada buku tulis masing-masing, kerjakan beserta tabel/ kotak yang telah disediakan. Jika sudah foto hasil pekerjaan kalian dan kirim pada link tertera.


4. Tugas yang sudah kalian kerjakan silahkan kumpulkan pada link berikut: https://forms.gle/2ka6eCBrRdhBKoRs9

5. Tugas wajib dikumpulkan hari ini jangan menunda-nunda pekerjaan.

SELAMAT MENGERJAKAN DAN SEMANGAT BELAJAR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (