Langsung ke konten utama

Pertemuan 8 - Menelaah Struktur dan Kebahasaan Pidato Persuasif

PENDALAMAN MATERI

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : IX/Ganjil

K.D: 3.4 Menelaah Struktur dan Kebahasaan Pidato Persuasif

Assalamualaikum Wr. Wb, anak-anak kelas 9 bertemu lagi dengan pelajaran Bahasa Indonesia, hari ini kita akan mendalami materi lanjutan dari minggu lalu, untuk itu silahkan diperhatikan dan di baca penjelasan materi berikut ini:

C. Menelaah Pidato Persuasif

Kita dapat menelaah isi teks pidato persuasif dilihat dari struktur dan ciri kebahasaannya yang khas. 

1. Struktur Pidato Persuasif

Ada tiga bagian yang terdapat di dalam struktur teks pidato persuasif. Apabila salah satu bagian tersebut tidak ada, teks pidato tidak akan menjadi sempurna.

A. Pembukaan

Pembukaan teks pidato terdiri atas tiga bagian, di antaranya salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur.

1) Salam pembuka

Salam pembuka contohnya seperti Assalamu'alaikum wr.wb. Salam sejahtera bagi kita semua.

2) Ucapan penghormatan

Ucapan penghormatan dalam sebuah pldato biasanya dilakukan dengan menyebutkan orang yang dianggap lebih tinggi jabatannya terlebih dahulu, kemudian sampai berada pada jabatan paling bawah.

3) Ucapan syukur

Ucapan syukur biasanya dibacakan karena rasa syukur sang orator (pembaca pidato) terhadap Tuhan karena dirinya dan para tamu bisa diberikan kesehatan dan kesempatan untuk dapat berkumpul dan menghadiri acara pidato tersebut. 

b. Isi

Bagian isi teks pidato persuasif menjelaskan mengenai secara jelas dan detail sesuatu yang ingin disampaikan kepada pendengar. Jangan sampai hal-hal penting yang akan disampaikan terlewat atau terlupakan.

c. Penutup

Penutup pidato persuasif dapat diisi dengan hal-hal berikut ini.

1) Kesimpulan dari keseluruhan uraian yang telah disampaikan.

2) Permintaan maaf kepada pendengar atas kesalahan yang terjadi baik disengaja atau tidak saat sedang berpidato.

3) Dapat memberikan kutipan berupa kata-kata mutiara atau pantun yang sesuai dengan situasi dan kondisi pada saat itu


2. Ciri Kebahasaan Pidato Persuasif

Pidato persuasif bertujuan menyampaikan gagasan dan pesan berupa imbauan dan ajakan kepada pendengar, Dengan demikian, pidato persuasif memiliki ciri-ciri kebahasaan sebagal berikut.

a. Menggunakan kalimat aktif

Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya aktif melakukan suatu kegiatan atau aktivitas

b. Menggunakan kata tugas

Kata tugas adalah sejenis kategori kata dalam tata bahasa Indonesia yang terdiri atas kata depan, kata sambung, kata sandang. dan kata seru. Pada umumnya, bentuk cata tugas selalu tetap (tidak bisa mengalami perubahan).

c. Menggunakan kosakata emotif

Kosakata emotif adalah kosakata yang berhubungan dengan emosi (perasaan) yang bisa membuat pendengar tersentuh emosinya ketika menyimak atau membaca.

d. Menggunakan kosakata bidang ilmu (istilah)

Kosakata bidang ilmu (istilah) adalah kosakata yang lazim digunakan di bidang keilmuan

e. Menggunakan sinonim

Sinonim merupakan persamaan atau padanan makna kata.

f. Menggunakan kata benda abstrak

Kata benda abstrak adalah kata yang menyatakan benda yang sifatrnya abstrak (tanpa wujud) karena tidak dapat ditangkap oleh pancaindra.

TUGAS

1. Silahkan membaca penjelasan materi di atas

2. Simaklah penjelasan materi, kemudian buatlah rangkuman tentang materi yang dipelajari hari ini pada buku paket halaman 38-48 

3. Jika sudah, silahkan mengerjakan tugas dan kumpulkan hasil rangkuman kalian pada link berikut:

 https://forms.gle/GJ89yFMRrRVt4G7o7

SEMANGAT BELAJAR & SELAMAT MENGERJAKAN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be