Langsung ke konten utama

Pertemuan 6 - Mengidentifkasi Informasi tentang Pidato Persuasif

Assalamualaikum Wr. Wb, anak-anak kelas 9 hari ini kita mulai pada pembahasan  di pelajaran Bahasa Indonesia BAB II, untuk itu sebelum bu Susi jelaskan secara rinci. Perlu bu Susi ingatkan terkait tanggung jawab kalian dalam menuntaskan tugas yang masih kosong, apalagi di masa pandemi seperti saat ini kalian diharapan agar lebih disiplin, tingkatkan kesadaran sebagai siswa untuk taat terhadap peraturan sekolah. Untuk itu, silahkan dituntaskan tanggung jawabnya karena masih banyak dari kalian yang menjadi catatan dalam mengumpulkan tugas yang masih kosong. Semoga kalian selalu dalam kondisi sehat walafiat tiada kurang suatu apapun, siap dan semangat untuk belajar hari ini !

 

  •   PENDALAMAN MATERI
 Mengidentifikasi Informasi tentang Pidato Persuasif 
 
 
 
 
Pernahkah kalian melihat, mendengar, atau berpidato di depan umum? Menurut sebagian Orang, berpidato adalah suatu hal yang menakutkan. Namun sebenamya, kita dapat melatih diri untuk dapat berpidato asalikan mengetahui langkah-langkahnya dengan benar. Perhatikan dan simaklah contoh pidato berikut ini:

 
https://www.youtube.com/watch?v=GF-TxhzTo9g&t=142s 
 
Bagaimana setelah memperhatikan video di atas ? pastinya sudah ada gambaran ya terkait pidato, bahwa pidato merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan berbicara di depan umum untuk menyampaikan pendapat, ide, atau gagasan. Sebelum melakukan pidato, ada beberapa hal yang harus disiapkan dan diperhatikan. Salah satunya adalah membuat naskah pidato. Naskah tersebut digunakan untuk memudahkan kita menyampaikan suatu hal di depan umum. Pada bab ini, kalian akan belajar mengenai pidato persuasif dan diharapkan kalian dapat menyusunnya dengan baik dan benar.
  • Mencermati informasi Pidato Persuasif
Berdasarkan tujuannya, pidato dibagi menjadi beberapa yaitu pidato persuasit, pidato informasi, dan pidato aksi., Bab kali ini, kita akan belajar mengenai pidato persuasif. Pidato persuasif merupakan bagian dari eksposisi, yaitu meyalkinkan pembaca atau pendengar dengan menyajikan argumen dari satu sudut pandang dan membuktikan kebenarannya. Berikut inil beberapa manfaat dari pidato persuasif.
a. Memengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
b. Memberi suatu pemahaman atau informasi kepada orang lain.
c. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga merasa puas dengan ucapan  kita.
 
Pidato persuasif merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengubah audiensi dan memiliki ciri-ciri sebagai berikut
a. Bersifat mendorong atau mengajak.
b. Reaksl yang dinginkan adalah membangkitkan emosi agar pendengar atau pembaca
menimbulkan tindakan tertentu.

Beberapa contoh pidato persuasit yaitu saat pidato keagamaan, pidato kampanye, pidato penyuluhan, pidato saat memperingati hari kemeedekaan, dan sebagainya. Pidato yang balk seharusnya dapat memberikan informasi yang menarik bagi audiens Saat sedang berpidato, seseorang dapat menyelipkan lelucon atau kata-kata yang mengundang tawa atau perhatian dari audiens sehingga suasana menjadi calir dan tidak membosankan. Selain itu pidato persuasif memiliki beberapa prinsip, seperti membujuk demi konsistensi, membujuk demi adanya perubahan-perubahan kecil, membujuk demi keuntungan, membujuk demi pemenuhan kebutuhan, dan membujuk berdasarkan pendekatan-pendekatan gradual. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan agar pidato menjadi menarik dan sukses.

a. Kuasailah materi pidato, apapun metode yang digunakan.
b. Menggunakan bahasa yang efektif dan komunikatif
c. Menggunakan bahasa indonesia yang baku
d. Hindarilah pembicaraan yang mengandung unsur SARA
e. Tidak merendahkan harga diri pendengar dan tidak menggurui
f. Tetap percaya diri namun tidak angkuh.
g. Selalu ingat pada waktu yang diberikan serta pintar membaca situasi.
  • Mengidentifikasi Cara-Cara Memersuasi
Melalui pidato persuasif seseorang dapat memersuasi khalayak. Pada pidato Jenis ini, orang yang berpidato haruslah orang yang berwibawa, tokoh idola, atau panutan masyarakat yang memiliki keterampilan berbicara dan pandai membangkitkan semangat. Persuasif berhasil apabila didasari oleh kemampuan membangkitkan perhatian, emosi, dan keinginan khalayak dan menyusun pesan menurut logika yang bernalar. Berikut cara memersuasi khalayak melalui pidato persuasif.
  1. Etika  : menggunakan pendekatan etika.
  2. Emosi  : gugah perasaan audiens
  3. Logika : buat masuk akal
TUGAS MANDIRI
  1. Silahkan perhatikan video di atas
  2. Silahkan membaca penjelasan materi dengan sungguh-sungguh, agar jawabannya tidak asal menulis & menjawab
  3. Kerjakan soal-soal pada link berikut: https://bit.ly/tugaspertemuan6-MengidentifikasiInformasiPidatoPersuasif
SEMANGAT BELAJAR & KERJAKAN SOAL DENGAN TEPAT




Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (