Langsung ke konten utama

Pertemuan 7 - Menyimpulkan Hasil Identifikasi Pidato Persuasif

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : IX/Ganjil

K.D: 4.3 Menyimpulkan Hasil Identifikasi Pidato Persuasif 

Assalamualaikum Wr. Wb, anak-anak kelas 9 bertemu lagi dengan pelajaran Bahasa Indonesia, hari ini kita akan belajar materi lanjutan dari minggu lalu, sebelum bu Susi jelaskan apakah kalian sudah memahami tentang Pidato Persuasif ? Apa tujuan, ciri-ciri, dan manfaat dari Pidato Persuasif? Pastinya sudah kalian pahami ya, karena di minggu lalu sudah bu Susi berikan penjelasan secara runtut. 

Perlu bu Susi ingatkan juga, terkait tanggung jawab kalian dalam menuntaskan tugas yang masih kosong, apalagi di masa pandemi seperti saat ini kalian diharapan agar lebih disiplin, tingkatkan kesadaran sebagai siswa untuk taat terhadap peraturan sekolah, kerjakan tugas-tugas sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Untuk itu, silahkan dituntaskan tanggung jawabnya karena masih banyak dari kalian yang menjadi catatan dalam mengumpulkan tugas yang masih kosong. Semoga kalian selalu dalam kondisi sehat walafiat tiada kurang suatu apapun, siap dan semangat untuk belajar hari ini !

Baik, kita mulai mempelajari materi hari ini, sebelumnya apa yang di masuk dengan menyimpulkan ? dan Bagaimana cara menyimpulkan dalam Pidato Persuasif ? Silahkan baca penjelasan materi berikut ini dengan sungguh-sungguh !

  • PENDALAMAN MATERI 


Jika sudah membaca pendalaman materi di atas, di harapkan kalian memiliki pemahaman terkait bagaimana menyimpulkan Pidato Persuasif. Jika sudah paham, kalian bisa mengerjakan tugas berikut:

PETUNJUK TUGAS 

(TUGAS KELOMPOK-1 kelompok terdiri dari 2 siswa)
  1. Dengarkanlah sebuah pidato di radio, televisi, atau sumber lainnya. Setelah itu buatlah laporan isi pidato dengan format berikut.


  2. Kerjakan tugas pada kertas folio bergaris, jangan lupa sertakan NAMA ANGGOTA KELOMPOK & KELAS.
  3. Tugas wajib dikerjakan dan dikumpulkan sesuai dengan jadwal pelajaran
  4. Jika sudah silahkan kumpulkan tugas pada link berikut: https://chat.whatsapp.com/DPB9x2K8XzoLlMxFZUJshT
NB: Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan WA ke Bu Susi, dengan menyebutkan identitas diri!

SEMANGAT BELAJAR & SELAMAT MENGERJAKAN
Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing








Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be