Langsung ke konten utama

Pertemuan 4 - Menyajikan Laporan Percobaan

 

MATERI PENDALAMAN

Teks laporan percobaan selain dapat disampaikan dalam bentuk tertulis juga dapat disampaikan dalam bentuk lisan. Menyusun teks laporan percobaan cukup mudah. Berikut ini adalah beberapa syarat dalam menyusun laporan percobaan.

1. Objektif.

2. Harus benar.

3. Lengkap.

4 Tepat waktu.

5. Tepat sasaran.

6. Menggunakan bahasa yang benar.

7. Disusun secara sistematis berdasarkan tata aturan penulisan laporan.

 Penyampaian teks laporan percobaan secara lisan harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Beberapa hal yang dapat dilaporkan berupa fakta, keadaan, peristiwa, dan simpulan atau rangkuman. Menyampaikan teks laporan percobaan secara lisan dapat menggunakan beberapa metode seperti berikut ini.

1. Naratif, laporan yang menyampaikan suatu peristiwa atau kejadian dengan tujuan supaya pembaca/pendengar seolah-olah mengalami kejadian yang diceritakan.

2. Deskriptif, laporan yang menggambarkan suatu objek dengan tujuan supaya pembaca/pendengar merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan

3. Ekspositoris, laporan yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi supaya pembaca/ pendengar mendapat informasi dan pengetahuan dengan sejelas-jelasnya.

4. Argumentatiíf, laporan yang bertujuan untuk membuktikan suatu kebenaran, sehingga pendengar atau pembaca meyakininya.

5. Persuasif, laporan yang bertujuan untuk memengaruhi pembaca/penderngar. Laporan ini memerlukan data sebagai penunjang.

Penyampaian laporan percobaan dikatakan baik jika dilihat dari tiga hal berikut ini.

1. Isi laporan mencakup kelengkapan fakta, data yang akurat, faktual, dan objektif.

2. Penyajian mencakup penggunaan bahasa yang baik jelas dan tepat, sistematik serta menarik.

3. Penyajian lisan harus disampaikan dengan vokal yang jelas, pengucapan, lafal, intonasi yang tepat, dan gaya ekspresif yang sesuai.

TUGAS

Buatlah percobaan sesuai dengan tugas mata pelajaran lain dan laporkan sesuai dengan format laporan percobaan seperti berikut.

Keterangan: untuk laporan percobaan bisa melihat contoh dari sumber lain, dan percobaan yang di lakukan (bebas) misalnya: Cara Menanam Kecambah dengan Media yang Sederhana, Cara Membuat Layang-layang, dll. Jika ada yang ditanyakan silahkan WA ke Bu Susi. Tugas wajib dikerjakan dan dikumpulkan.

SEMANGAT BELAJAR & SELAMAT MENGERJAKAN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (