Langsung ke konten utama

K.D 3.10 Menelaah Struktur dan Kebahasaan Puisi Rakyat

Menelaah Struktur dan Kebahasaan Puisi Rakyat

Tugas Bahasa Indonesia Rabu, 10/3/2021 silahkan untuk membaca penjelasan materi di bawah ini:
  • Struktur dan Kebahasaan Pantun 
Pantun dikembangkan dengan pola struktur tertentu, yaitu dengan bait, jumlah baris, jumlah kata, jumlah suku kata, sampiran dan isi, serta rima (bunyi akhir setiap baris). Kebahasaan yang digunakan dalam pantun pun memiliki ciri tersendiri, yaitu penggunaan kalimat perintah. Perhatikanlah struktur bagian-bagian pantun berikut.


  • Struktur dan Kebahasaan Gurindam

  • Struktur dan Kebahasaan Syair


  • Penggunaan Konjungsu pada Pantun, Gurindam, dan Syair

TUGAS MANDIRI!
- Silahkan kerjakan soal-soal berikut pada buku tulis kalian, kerjakan beserta soalnya!

A. PANTUN

1. Buat tabel di bawah ini, kemudian beri tanda () jika jawabannya ya, dan tanda silang (x) untuk jawaban tidak.



2. Bacalah pantun berikut!
    
    Jalan-jalan keliling pulau dewata
   Tidak lupa mengajak sang kekasih
   Buanglah sampah pada tempatnya
   Jika kau ingin lingkungan bersih

    Tiap hari makan anggur
    berwarna ungu kulit buahnya
    Mari kita berkata jujur
    supaya hidup terasa bahagia

    Naik kapal menuju samudra
    untuk menangkap berbagai ikan
    kalau kau ingin berbicara
    Jangan mengucapkan kebohongan

Carilah dan tuliskan kalimat perintah, kalimat larangan, kalimat ajakan pada pantun di atas!


B. GURINDAM

1. Gurindam memiliki berapa bait?
2. Setiap bait terdiri atas berapa bait?
3. Bagaimana persajakannya?
4. Tuliskan jenis gurindam!
5. Jelaskan perbedaan tiap gurindam!

C. SYAIR

1. Teks Syair memiliki berapa bait?
2. Setiap bait terdiri atas berapa baris?
3. Bagaimana persajakannya?
4. Apa nama baris 1-2 dan 3-4 pada syair?
5. Satu baris terdiri atas berapa kata?

LINK PENGUMPULAN TUGAS: https://forms.gle/KA3zUHF28zL7zC7h6

SEMANGAT BELAJAR & SELAMAT MENGERJAKAN


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (