Langsung ke konten utama

K.D 3.10 Menelaah Struktur dan Kebahasaan Puisi Rakyat

Menelaah Struktur dan Kebahasaan Puisi Rakyat

Tugas Bahasa Indonesia Rabu, 10/3/2021 silahkan untuk membaca penjelasan materi di bawah ini:
  • Struktur dan Kebahasaan Pantun 
Pantun dikembangkan dengan pola struktur tertentu, yaitu dengan bait, jumlah baris, jumlah kata, jumlah suku kata, sampiran dan isi, serta rima (bunyi akhir setiap baris). Kebahasaan yang digunakan dalam pantun pun memiliki ciri tersendiri, yaitu penggunaan kalimat perintah. Perhatikanlah struktur bagian-bagian pantun berikut.


  • Struktur dan Kebahasaan Gurindam

  • Struktur dan Kebahasaan Syair


  • Penggunaan Konjungsu pada Pantun, Gurindam, dan Syair

TUGAS MANDIRI!
- Silahkan kerjakan soal-soal berikut pada buku tulis kalian, kerjakan beserta soalnya!

A. PANTUN

1. Buat tabel di bawah ini, kemudian beri tanda () jika jawabannya ya, dan tanda silang (x) untuk jawaban tidak.



2. Bacalah pantun berikut!
    
    Jalan-jalan keliling pulau dewata
   Tidak lupa mengajak sang kekasih
   Buanglah sampah pada tempatnya
   Jika kau ingin lingkungan bersih

    Tiap hari makan anggur
    berwarna ungu kulit buahnya
    Mari kita berkata jujur
    supaya hidup terasa bahagia

    Naik kapal menuju samudra
    untuk menangkap berbagai ikan
    kalau kau ingin berbicara
    Jangan mengucapkan kebohongan

Carilah dan tuliskan kalimat perintah, kalimat larangan, kalimat ajakan pada pantun di atas!


B. GURINDAM

1. Gurindam memiliki berapa bait?
2. Setiap bait terdiri atas berapa bait?
3. Bagaimana persajakannya?
4. Tuliskan jenis gurindam!
5. Jelaskan perbedaan tiap gurindam!

C. SYAIR

1. Teks Syair memiliki berapa bait?
2. Setiap bait terdiri atas berapa baris?
3. Bagaimana persajakannya?
4. Apa nama baris 1-2 dan 3-4 pada syair?
5. Satu baris terdiri atas berapa kata?

LINK PENGUMPULAN TUGAS: https://forms.gle/KA3zUHF28zL7zC7h6

SEMANGAT BELAJAR & SELAMAT MENGERJAKAN


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masala...

BAB 3 (pertemuan 2) 4.6 - Menjelaskan Struktur dan Aspek Kebahasaan cerita pendek

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Materi                : Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek Tugas                 : (Minggu ke-2 bulan Oktober) Guru                   : Susi Purwaningsih, S.Pd Sumber               :  Buku Paket  Bahasa Indonesia SMP/ MTs IX Assamualaikum anak-anak kelas 9, bagaimana kabar kalian hari ini? semoga senantiasa sehat selalu dan siap untuk belajar dengan semangat. Minggu lalu di pelajaran bahasa indonesia kalian semua telah mempelajari tentang mengidentifikasi cerita pendek, mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, fungsi, jenis dan teknik mengarangnya. Aoakah kalian semua sudah memahaminya dengan membaca materi yang telah dipaparkan? Bu susi berharap kalian memahami dengan baik di kondisi...

K.D Mengungkapkan Teks Tanggapan Secara Lisan dan Tulisan

 Guru                     : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia kelas 9 A, B & C Assalamualaikum wr.wb anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini ? semoga senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Sebelum bu susi jelaskan mengenai pembelajaran hari ini bu susi sampaikan semangat belajar karena materi bahasa Indonesia tinggal 10x pertemuan/ tatap muka setelah itu kalian akan melaksanakan Ujian Praktik dan Ujian Sekolah. Disini bu susi berharap kepada anak-anak yang merasa nilainya masih kosong dan banyak tanggungan tugas silahkan segera dituntaskan, belajar disiplin dan bertanggung jawab. Setiap guru mengharapkan kebaikan pada murit-muritnya tetapi kebaikan itu akan tumbuh ketika kedasaran pada diri kalian ada. Nah, setelah apa yang bu susi sampaikan di atas mudah-mudahan kalian dapat menerapkannya. SEMANGAT. Hari ini kita belajar dari materi lanjutan di minggu lalu tetap pada Teks Tanggapan, pada mater...