Langsung ke konten utama

K.D Menyajikam Gagasan/ Pendapat, Argumen yang Mendukung dan yang Kontra serta Solusi atas Permasalhan Aktual dalam Teks Diskusi

Assalamualaikum wr.wb anak-anak kelas 9, hari ini kita mulai untuk belajar Bahasa Indonesia. Memasuki materi akhir Teks Diskusi tentang menyajikan gagasan/pendapat. Silahkan untuk menyimak penjelasan materi berikut:

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan saat menyusun teks diskusi.

  1. Menentukan tema teks diskusi
  2. Mengumpulkan informasi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan tema teks diskusi
  3. Menyusun kerangka teks diskusi sesuai dengan struktur teks diskusi, yaitu: (a) isu (b) argumen mendukung (c) argumen menentang, dan (d) simpulan
  4. Menyusun teks berdasarkan fitur bahasa dan ejaan.
Dalam pelaksanaan diskusi dalam sebuah kelompok, beberapa orang bertukar pikiran tentang masalah khusus untuk mencari pemecahannya. Masalah yang didiskusikan harus dirumuskan sebaik-baiknya sehingga terbatas pada masalah yang kongkrit sehingga tidak ada beberapa masalah yang dibahas berulang-ulang atau timpang tindih. Seperti pada cara mengemukakan pendapat dalam diskusi berikut:

  • Menggunakan bahasa yang baik, logis dan masuk akal
  • Harus langsung mengena pada pokok persoalan
  • Menghilangkan rasa emosional dan jangan memaksakan kehendak pendapatanya harus diterima
  • Materi pembicaraan jangan menjatuhkan orang lain atau menjelekkan orang lain
  • Dalam mengemukakan pendapat merupakan solusi bukan menambah permasalahan.
PERHATIKAN & BACALAH CONTOH DI BAWAH INI





TUGAS!
 
1. Silahkan tambahan panjelasan materi pada buku paket halaman 137-140
2. Kerjakan tugas pada buku paket halaman 141 tabel berikut saja, sebelum mengerjakan perhatikan contoh-contoh pada penjelasan materi pada website dan buku paket agar mempermudah pengerjaan. Jangan lupa membaca petunjuk pengerjaan 


3. Kerjakan pada kertas folio bergarus 
4.Silahakan kirim tugas pada WA BU SUSI sesuai jadwal - jangan lupa diberikan nama lengkap dan kelas pada lembar jawaban 
5. Tugas ini dikumpulkan ketika Ujian Praktik minggu depan


SEMANGAT BELAJAR & SELAMAT MENGERJAKAN SEMOGA SUKSES


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (