Langsung ke konten utama

K.D Menelaah Pendapat atau Argumen dari Teks Diskusi

Assalamualaikum wr.wb. anak anak kelas 9 pada pertemuan kali ini kita akan belajar tentang Menelaah Teks Diskusi.

Silahkan baca dan perhatikan penjelasan materi berikut:

Ciri kebahasaan dalam teks diskusi meliputi berbagai hal berikut.

1. Menggunakan Konjungsi Perlawanan

Konjungsi perlawanan menggunakan kata penghubung tetapi, sedangkan, tidak …. Tetapi, bukan … melainkan. Perhatikan contoh kalimat berikut!

a. Keberadaan internet memberikan manfaat positif bagi dunia informasi, tetapi banyak juga pengaruh negatifnya.

b. Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negative internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menghadapinya.

c. Jangan sampai anak asyik bermain internet, sedangkan orang tua tidak mengetahui keberadaan anak.

d. Tidak bias dipungkiri adanya internet memberikan pengaruh kepada pelajar. Ada pengaruh positif. Tetapi ada juga pengaruh negatif internet.

2. Menggunakan Ejaan yang benar

Penulisan teks diskusi perlu menggunakan ejaan yang benar. Ejaan tersebut meliputi huruf, kata, dan penggunaan tanda baca yang benar. Pengecekan ejaan tersebut harus sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia. Perhatikan contoh berikut!

3. Menggunakan Kalimat Tunggal dan Kalimat Majemuk

Kalimat yang digunakan pada teks diskusi yaitu kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Kalimat tunggal adalah kalimat yang terbentuk dari satu klausa saja, sedangkan kalimat majemuk adalah kalimat yang terbentuk dari dua klausa atau lebih. Perhatikan contoh berikut!

a. Kalimat Tunggal

Pemerintah diharapkan dapat memblokir situs-situs yang tidak baik.

b. Kalimat Majemuk Setara

Keberadaan internet memberikan manfaat positif bagi dunia informasi, tetapi banyak juga pengaruh negatifnya.

c. Kalimat Majemuk Bertingkat

Dihara[kan semua pihak, baik orang tua, guru, pemerintah maupun siswa untuk bersama-sama mencegah dampak-dampak negative yang ditimbulkan dari internet.

TUGAS !
- SILAHKAN KERJAKAN SOAL DI BAWAH INI!

LINK PENGUMPULAN TUGAS: https://forms.gle/yZ9yt8ZrbMWNJL8F9




Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (