Langsung ke konten utama

BAB 6 - Menyimpulkan Informasi Cerita Inspiratif

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

K.D: 4.11 Menyimpulkan Isi Ungkapan Simpati, Kepedulian, Empati, atau Perasaan Pribadi dalam Bentuk Cerita Inspiratif

Guru: Susi Purwaningsih, S.Pd

Assalamualaikum wr.wb selamat pagi anak-anak kelas 9. Memasukki minggu ke-2 di pembelajaran daring bu Susi berharap kalian tetap dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan tertib dan disiplin. Adapun informasi dari Bu Susi untuk semua siswa/i yang MASIH MEMILIKI CATATAN TUGAS YANG BELUM DIKERJAKAN, agar segera dituntaskan karena Bu Susi akan menginformasikan terkait data nilai dan data siswa yang belum menyelesaikan tugas kepada Wali Kelas sesuai jadwal pembelajaran Bahasa Indonesia. Keterlambatan tugas akan berpengaruh terhadap nilai kalian mengingat kalian sudah kelas 9 silahkan diselesaikan kewajibannya dengan baik. Dan juga Bu Susi sampaikan tetap menjaga Prokes dimana pun kalian berada dan jaga kesehatan agar tidak tertinggal pelajaran. Memasuki materi hari ini silahkan baca penjelasan materi berikut ini dengan sungguh-sungguh:

PENDALAMAN MATERI

Menyimpulkan adalah sesuatu kegiatan memberikan pendapat atau merangkaikan gagasan-gagasan pokok menjadi ringkas dan runtut. Sebelum menyimpulkan teks cerita inspiratif, berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan.

  1. Membaca terlebih dahulu teks cerita inspiratif secara keseluruhan
  2. Menentukan tema teks cerita inspiratif yang dibaca
  3. Menuliskan ide pokok dari teks cerita inspiratif yang dibaca
  4. Menentukan ungkapan simpati, kepedulian, empati dan perasaan pribadi
  5. Menyimpulkan cerita inspiratif yang dibaca
Struktur Teks Cerita Inspiratif
  • Abstrak adalah ringkasan dari sebuah cerita. Abstrak merupakan inti dari cerita yang akan dikembangkan menjadi beberapa rangkaian kejadian. Abstrak juga bisa disebut sebagai gambaran awal dalam cerita. Abtrak bersifat opsional. 
  • Orientasi adalah hal-hal yang berhubungan dengan suasana, tempat, dan waktu yang ada dalam cerita tersebut. Biasanya orientasi tidak hanya terpaku pada satu tempat, suasana, dan waktu, karena dalam sebuah cerita terdapat banyak kejadian dan tokoh yang berbeda-beda.
  • Komplikasi  adalah rangkaian kejadian-kejadian yang berhubungan dan berisikan tentang sebab akibat kejadian sebuah cerita.
  • Resolusi merupakan penyelesaian dari evaluasi. Biasanya resolusi sangat dinanti-nanti oleh pembaca, karena pada struktur ini pengarang memberikan solusi mengenai permasalahan yang dialami seorang tokoh atau pelaku dalam cerita.
  • Koda merupakan nilai ataupun pelajaran yang dapat diambil dari sebuah cerita. Koda merupakan hikmah yang terkandung dalam cerita. Koda biasanya dapat diketahui setelah membaca seluruh cerita dari permulaan hingga akhir cerita. Koda dapat berupa nasihat, pelajaran, dan peringatan bagi pembacanya.
Perhatikan contoh stuktur teks cerita inspiratif yang terdapat pada buku paket halaman 153-154.

Setelah membaca penjelasan materi dan memperhatikan contoh di atas, diharapkan anak-anak dapat mengerjakan tugas dengan baik dan benar.

TUGAS MANDIRI
1. Silahkan kerjakan tugas pada link berikut: https://forms.gle/BPA9uvDVn2GvYLGT9

AWALI DENGAN BISMILLAH DAN KERJAKAN TUGAS DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH 
SELAMAT BELAJAR 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be