Langsung ke konten utama

Pertemuan 1 - Mengidentifikasi Informasi Laporan Percobaan


Assalamualikum wr.wb selamat pagi anak-anak kelas 9, bagaimana kabar kalian hari ini ? semoga senantiasa dalam keadaan sehat walafiat tiada kurang suatu apapun. Senantiasa berbakti kepada orang tua, hormat kepada bapak/ibu guru. Saling membantu antar teman dalam kesulitan yang dialami. Dan jangan lupa tetap beribadah. Anak-anakku kita berjumpa lagi di pagi hari ini dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang akan membahas tentang Laporan Percobaan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca dengan sungguh-sungguh paparan berikut ini:

Sebelum Ibu jelaskan lebih lanjut, coba anak-anak perhatikan bagan pada gambar di atas, bawasannya Teks Laporan Percobaan memiliki ciri-ciri dan fungsi. Setelah kalian memperhatikan bagan di atas Ibu berharap kalian dapat memahami pengertian dari Teks Laporan Percobaan. 

  • Pengertian Laporan Percobaan
- Teks laporan suatu teks yang mengandung klarifikasi mengenai suatu objek tertentu yang berdasarkan kriteria tertentu. Teks Laporan bersifat umum atau universal. 

- Teks Deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.

- Teks Eksplanasi adalah sebuah teks yang berisikan mengenai proses sebab (mengapa) dan akibat (bagaimana) suatu kejadian-kejadian ilmu pengetahuan, sosial, budaya, alam, serta kejadian lainnya yang bisa terjadi. Kejadian-kejadian yang terjadi yang ada di sekitar kita, baik itu kejadian sosial, kejadian budaya dan atau kejadian alam, pasti adanya proses saling keterkaitan dan berhubungan antara kejadian tersebut yang mana ada penyebab dan ada pula akibatnya.

Ketiga pengertian teks di atas sepintas terlihat mirip. Namun, jika diperhatikan secara seksama, ketiga teks memiliki perbedaan yang jelas. Hal yang harus diingat, dalam kegiatan menulis, semua yang kamu pelajari secara terpisah-pisah dapat digunakan secara khusus sesuai dengan jenis teks yang dibuat atau penggabungan berbagai jenis teks karena mencangkup banyak informasi yang diungkapkan.

  • Ciri-ciri:
1. Fakta: sesuatu yang sudah pasti, ketika kalian ingin menyampaikan laporan percobaan sampaikan          dengan pasti.

- Contohnya: 
a. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis itu sekitar 27mg (kalimat ini menunjukkan opini karena              terdapat kata sekitar: sesuatu yang belum pasti).
b. Dalam 100mg jeruk nipis terkandung vitamin C sebanyak 27mg (kalimat ini menunjukkan karena          kandungan yang disampaikan sudah pasti jumlahnya). Dapat dibuktikan.
     
2. Lengkap: agar apa yang kita sampaikan dapat bermanfaat bagi pembaca. Dengan informasi yang            lengkap pembaca dapat memahami secara utuh dari hasil dan data tersebut.

3.Objektif: sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. 

Pastinya kalian pernah melakukan percobaan bukan? Biasanya sebelum melakukan percobaan kalian pasti sudah memiliki hipotesis, apa itu hipotesis : tanggapan dasar atau dugaan awal. Misalnya: kalian akan menguji semua jenis saos jajanan yang ada di lingkungan sekolah, kalian menduga bahwa semua saos itu mengandung zat pewarna, ternyata setelah kalian lakukan percobaan terhadapat sempel saos tidak semua saos mengandung zat pewarna. Nah, dengan demikian yang harus disampaikan adalah hasil yang sesuai dengan keadaan sebenarnya (objektif).

  • Fungsi:
  1. Informasi
  2. Bukti : membukti bahwa kita benar-benar melakukan suatu percobaan
  3. Dokumentasi : mengumpulkan data-data, informasi, memilihnya/ mengklasifikasi.
  4. Pemecahan masalah
  5. Pertanggung jawaban
TUGAS :
1. Silahkan baca penjelasan materi di atas
2. Buka buku paket kalian halaman 10-11, terdapat 3 jenis teks. Coba amati dengan seksama.
3. Jika sudah kerjakan soal pada link berikut: https://forms.gle/H7GLsrY1ktkB47sA7

NB: Jika menemukan kesulitan silahkan japri ke bu Susi. 

SEMANGAT BELAJAR DAN SEMOGA SUKSES



Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (