Langsung ke konten utama

Pertemuan 2 - Menyimpulkan Informasi Laporan Percobaan

Assalamualikum wr.wb selamat pagi anak-anak semuanya, bertemu lagi dengan Bu Susi di Pelajaran Bahasa Indonesia. Di masa pademi seperti saat ini anak-anak dituntut untuk belajar lebih giat lagi apalagi kalian sudah kelas 9 kurangi bermalas-malasan, fokus dan biasakan untuk rajin membaca.  Ibu berharap semoga kalian semua senantiasa dalam keadaan sehat walafiat tiada kurang suatu apapun. Senantiasa berbakti kepada orang tua, hormat kepada bapak/ibu guru. Dan jangan lupa tetap jaga kesehatan dan beribadah dari rumah. Nah, kembali pada topik pembahasan hari ini kita akan belajar tentang materi lanjutan dari minggu lalu yaitu Menyimpulkan Informasi Laporan Percobaan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan materi di bawah ini dengan sungguh-sungguh, berikut paparannya:

 
  • CARA MEMBUAT KESIMPULAN
Ada beberapa cara teknik membuat kesimpulan antara lain:
1. Teknik Generalisasi
  • Teknik Generalisasi merupakan teknik membuat kesimpulan dengan menarik satu kesimpulan umum. Hasil ini kita dapatkan setelah melakukan penelitian yang kita lakukan berdasarkan fakta dan data yang telah kita buat dan teliti. Dengan demikian, kita didalam cara menentukan kesimpulan dengan mengambil satu, dua atau beberapa poin kesimpulan umum yang ditulis. 
2. Teknik Analogi
  •  Teknik Analogi cara membuat kesimpulan dengan menggunakan teknik analogi. Teknik ini dilakukan dengan membuat perbandingan antara satu pembahasan dengan pembahasan lainnya yang serupa. Kemudian, dicari persamaan yang terkait dengan hal tersebut. atau dapat pula dengan menggunakan suatu hal dengan memberi perbandingan hal lain.
3. Teknik Sebab-Akibat
  •  Teknik Sebab-Akibat merupakan salah satu cara menentukan kesimpulan dengan cara menjelaskan sebab kemudian akibat yang ditimbulkan dari sebab tersebut. Teknik ini sebagai salah satu cara membuat kesimpulan yang bertujuan untuk memperjelaskan gagasan utama yang telah diajukan pada bab pendahuluan.
  • Contoh kalimat kesimpulan antara lain:
  • Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tentang ...... dapat disimpulkan sebagai berikut.
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti terkait ...... Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa.
  • Berdasarkan hasil pengujian, pengolahan, dan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.
  • Berdasarkan hasil penelitian yang telah disajikan pada bab sebelumnya, maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.
  • Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa .....
  • Berdasarkan hasil penelitian maka, dapat disimpulkan.
  • Dari serangkaian kerja yang telah dilakukan dalam penelitian ini, ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut.
  • Berdasarkan tujuan penelitian ini, maka dapat disimpulkan beberapa hal dari hasil penelitian ini, yaitu.  
Nah, Bagaimana anak-anak? dari penjelasan di atas anak-anak pastinya sudah paham yang dimaksud kesimpulan dan cara menyimpulkan. Untuk gambaran terkait contoh laporan percobaan coba lanjutkan membaca penjelasan materi berikut, dan jangan lupa untuk membuka buku paket kalian halaman 17-20 :
 
 
Coba perhatikan penjelasan pada bagan di atas, jika sudah bu Susi akan jelaskan lebih rinci pada paparan berikut ini: 
  1. Judul Percobaan: tuliskan judul dari percobaan yang dilakukan. Diawali dengan huruf besar pada setiap awal kata dengan letak ditengah baris.
  2. Tujuan Percobaan: tuliskan tujuan percobaan yang dilakukan. Ada berapa tujuannya, semua ditulis.
  3. Kajian Teori: tuliskan landasan teoriyang mendasari percobaan yang dilakukan, dengan mencari pada sumber belajar atau buku-buku pelajaran atau dapat diakses di internet. Teori yang diperoleh susun dengan logis, hirarkis, sesuai dengan keruntutan ilmu. Setelah mengkaji teori, kemudian susunlah hipotesis berdasarkan hasil kajian teori dan sesuaikan dengan tujuan percobaan. Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap percobaan yang akan dilakukan.
  4. Alat dan Bahan: tuliskan alat-alat yang memang benar digunkaan pada saat percobaan. Bahan yang memang benar digunakan dituliskan sesuai dengan apa yang digunakan saat percobaan.
  5. Prosedur/ Cara Kerja: Sampaikan cara kerja dengan kalimat aktif, bukan kalimat perintah, jangan meniru kata operasional yang ada pada LKS, yang berupa kalimat perintah. Buatlah kalimat perintah menjadi kalimat aktif sehingga menceritakan apa yang telah dilakukan saat percobaan.
  6. Hasil Pengamatan: tuliskan hasil pengamatan sesuai dengan apa yang didapatkan saat percobaan. Data dapat ditulis secara deskriptif atau dalam bentuk tabel hasil pengamatan. Lakukan pengamatan sebaik-baiknya saat melakukan percobaan, sehingga diperoleh data yang akurat dan reliabel.
  7. Analisis Data dan Pembahasan: pada saat melakukan analisis data memerlukan pikiran kritis, menerapkan teori yang telah ditulis dengan memadukan hasil pengamat. Hasil dibahas secara deskriptif atau perhitungan (jika ada). Dengan menerapkan konsep yang ada dengan menggunakan teori dan tinjauan dari berbagai sudut pandang. Setiap hasil yang dibahas secara detail untuk memperoleh kesimpulan yang benar.
  8. Kesimpulan dan Saran: tuliskan kesimpulan dengan ringkas sesuai dengan tujuan percobaan. Apa yang ingin dicapai saat percobaan. Kesimpulan merupakan jawab dari hipotesis yang diajukan.
  9. Daftar Pustaka: tuliskan pustaka buku yang telah kalian baca sebagai sumber bacaan atau belajar. Penulisan daftar pustaka mengikuti pedoman yang telah diberikan; yaitu nama pengarang, tahun terbit, judul buku, kota penerbit, penerbit. Jika diakses dari internet, tuliskan kapan hal tersebut diakses.
 
TUGAS:
1. Silahkan baca penjelasan materi di atas, agar mendapatkan pemahaman sebelum mengerjakan tugas.
2. Kerjakan tugas dengan sungguh-sungguh, perhatikan perintah penugasan.
3. Jika sudah, kerjakan soal pada link berikut: https://forms.gle/sswc7GvyYRRvWR5T8
 
 
SEMANGAT BELAJAR DAN SELAMAT MENGERJAKAN 
 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (