Langsung ke konten utama

K.D 3.12 Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Cerita Fabel

Assalamualaikum wr.wb pada pertemuan kali ini kita akan belajar materi lanjutan tentang Struktur dan Kebahasaan pada Cerita Fabel. Pada umumnya pada suatu teks itu terdiri dari beberapa struktur dan setiap teks memiliki strukturnya tersendiri. Dimana pada bagian teks fabel ini berisi tentang Orientasi, Komplikasi, Resolusi dan Koda. Untuk lebih lanjutnya silahkan baca penjelasan materi di bawah ini: 




Sebelum bu Susi lanjutkan, silahkan untuk membaca cerita fabel di bawah ini:


Setelah kalian membaca Contoh Teks Fabel di atas, setidaknya kalian memiliki gambaran tentang struktur-struktur teks fabel. Berikut adalah penjelasannya silahkan di lanjutkan dengan membaca secara seksama.


  • Orientasi fabel ini berisi tentang informasi peristiwa semut yang berjalan di taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman. Dimana pada bagian ini terjadi pengenalan latar peristiwa sebuah cerita.

  • Dalam sebuah teks fabel dalam bagian komplikasi biasanya menjadi bagian cerita yang sangat panjang, karena berisi berbagai permasalahan yang dialami tokoh. Rangkaian yang ada pada teks fabel biasanya tidak hanya satu bisa jadi terdiri dari suatu masalah yang kompleks. Masalah yang kompleks ini sifatnya runyam dan rumit, bisa menimbulkan suasanaa sedih, takut, gelisah dll. Rasa yang ditimbulkan tersebutlah yang disebut dengan klimaks (puncak masalah). Dan jika kamu baca dengan teliti teks fabel ini kamu dapat mendapati akar masalahnya bermula dari kebiasaan semut yang suka mengejek kupu-kupu yang masih ada di dalam kepompong. Terjebaknya semut di dalam lumpur menjadi puncaknya masalah 

sumber: https://www.youtube.com/watch?v=TtMa9l_gRZY 

Tugas hari ini:
1. Silahkan baca penjelasan materi di atas
2. Untuk menambah pengetahuan kalian tentang materi ini silahkan baca materi pada buku paket halaman  209-219
3. Jika sudah, kerjakan tugas pada link berikut: https://forms.gle/qxoafHAHp4YvrWdX6

SEMANGAT MENGERJAKAN SEMOGA SUKSES





















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masala...

BAB 3 (pertemuan 2) 4.6 - Menjelaskan Struktur dan Aspek Kebahasaan cerita pendek

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Materi                : Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek Tugas                 : (Minggu ke-2 bulan Oktober) Guru                   : Susi Purwaningsih, S.Pd Sumber               :  Buku Paket  Bahasa Indonesia SMP/ MTs IX Assamualaikum anak-anak kelas 9, bagaimana kabar kalian hari ini? semoga senantiasa sehat selalu dan siap untuk belajar dengan semangat. Minggu lalu di pelajaran bahasa indonesia kalian semua telah mempelajari tentang mengidentifikasi cerita pendek, mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, fungsi, jenis dan teknik mengarangnya. Aoakah kalian semua sudah memahaminya dengan membaca materi yang telah dipaparkan? Bu susi berharap kalian memahami dengan baik di kondisi...

K.D Mengungkapkan Teks Tanggapan Secara Lisan dan Tulisan

 Guru                     : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia kelas 9 A, B & C Assalamualaikum wr.wb anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini ? semoga senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Sebelum bu susi jelaskan mengenai pembelajaran hari ini bu susi sampaikan semangat belajar karena materi bahasa Indonesia tinggal 10x pertemuan/ tatap muka setelah itu kalian akan melaksanakan Ujian Praktik dan Ujian Sekolah. Disini bu susi berharap kepada anak-anak yang merasa nilainya masih kosong dan banyak tanggungan tugas silahkan segera dituntaskan, belajar disiplin dan bertanggung jawab. Setiap guru mengharapkan kebaikan pada murit-muritnya tetapi kebaikan itu akan tumbuh ketika kedasaran pada diri kalian ada. Nah, setelah apa yang bu susi sampaikan di atas mudah-mudahan kalian dapat menerapkannya. SEMANGAT. Hari ini kita belajar dari materi lanjutan di minggu lalu tetap pada Teks Tanggapan, pada mater...