Langsung ke konten utama

K.D 3.12 Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Cerita Fabel

Assalamualaikum wr.wb pada pertemuan kali ini kita akan belajar materi lanjutan tentang Struktur dan Kebahasaan pada Cerita Fabel. Pada umumnya pada suatu teks itu terdiri dari beberapa struktur dan setiap teks memiliki strukturnya tersendiri. Dimana pada bagian teks fabel ini berisi tentang Orientasi, Komplikasi, Resolusi dan Koda. Untuk lebih lanjutnya silahkan baca penjelasan materi di bawah ini: 




Sebelum bu Susi lanjutkan, silahkan untuk membaca cerita fabel di bawah ini:


Setelah kalian membaca Contoh Teks Fabel di atas, setidaknya kalian memiliki gambaran tentang struktur-struktur teks fabel. Berikut adalah penjelasannya silahkan di lanjutkan dengan membaca secara seksama.


  • Orientasi fabel ini berisi tentang informasi peristiwa semut yang berjalan di taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman. Dimana pada bagian ini terjadi pengenalan latar peristiwa sebuah cerita.

  • Dalam sebuah teks fabel dalam bagian komplikasi biasanya menjadi bagian cerita yang sangat panjang, karena berisi berbagai permasalahan yang dialami tokoh. Rangkaian yang ada pada teks fabel biasanya tidak hanya satu bisa jadi terdiri dari suatu masalah yang kompleks. Masalah yang kompleks ini sifatnya runyam dan rumit, bisa menimbulkan suasanaa sedih, takut, gelisah dll. Rasa yang ditimbulkan tersebutlah yang disebut dengan klimaks (puncak masalah). Dan jika kamu baca dengan teliti teks fabel ini kamu dapat mendapati akar masalahnya bermula dari kebiasaan semut yang suka mengejek kupu-kupu yang masih ada di dalam kepompong. Terjebaknya semut di dalam lumpur menjadi puncaknya masalah 

sumber: https://www.youtube.com/watch?v=TtMa9l_gRZY 

Tugas hari ini:
1. Silahkan baca penjelasan materi di atas
2. Untuk menambah pengetahuan kalian tentang materi ini silahkan baca materi pada buku paket halaman  209-219
3. Jika sudah, kerjakan tugas pada link berikut: https://forms.gle/qxoafHAHp4YvrWdX6

SEMANGAT MENGERJAKAN SEMOGA SUKSES





















Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be