Langsung ke konten utama

BAB 4 (Pertemuan 1) - Mengidentifikasi Informasi Teks Tanggapan

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia 

Materi : Teks Tanggapan

Tugas : Pertemuan 1 

Guru : Susi Purwaningsih, S.Pd

Buku : Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas IX Edisi Revisi 2018

TEKS TANGGAPAN

Assalamualaikum wr.wb anak-anak selamat pagi salam sehat dan semangat belajar pada materi baru. Pada pertemuan kali ini anak-anak akan belajar mengenai Teks Tanggapan. 

Tujuan Pembelajaran: 

1. Peserta didik mampu menjelaskan teks tanggapan dengan baik

2. Peserta didik mampu menjelaskan cara memberi tanggapan dengan baik

3. Peserta didik mampu menjelaskan isi informasi teks tanggapan yang sudah dibaca dengan baik

MATERI PEMBELAJARAN

  • PENGERTIAN TANGGAPAN
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Tanggapan adalah sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar, dan sebagainya). Apa yang di terima oleh panca indra, bayangan dalam angan-angan.

Menurut Wikipedia Tanggapan adalah penilaian berupa kritik atau pujian terhadap suatu teks berupa teks sastra, artikel, berita, atau karya seni.

  • CARA MEMBERI TANGGAPAN
1. Bersikap objektif: cara menanggapi sesuatu berdasarkan apa yang sesungguhnya, fakta dan kenyataan.
2. Bersikap santun: menyampaikan pendapat harus berdampak positif, disampaikan dengan bahasa yang baik.

CONTOH: 
Perhatikan pernyataan berikut! 

'Untuk mengisi liburan semua siswa diwajibkan membuat karya tulis'





Manakah contoh tanggapan yang objektif dan santun?

Jadi, dari contoh di atas yang baik dan santun di gunakan untuk memberikan tanggapan adalah pada kata-kata/ kalimat A (Tanggapan Positif).

Perhatikan teks tanggapan berikut! (Buku Siswa halaman: 89)

PERHATIKAN PEMBAHASAN BERIKUT, UNTUK MENANGGAPI TEKS DI ATAS!

1. Karya apakah yang ditanggapi? 

- Jawaban: Karya yang ditanggapi adalah Lukikan Affandi 'Kebun Cengkeh'

2. Siapa yang menghasilkan karya tersebut? 

- Jawaban: Yang menghasilkan karya tersebut adalah Affandi seorang pelukis maestro terkenal

3. Siapa yang menanggapi ?

- Jawaban: Yang menanggapi lukisan tersebut adalah seseorang yang mengagumi lukisan tersebut

4. Bagaimana bentuk tanggapannya?

- Jawaban: Bentuk tanggapannya berupa pujian

5. Bagaimana Cara menanggapi

- Jawaban: Cara menanggapinya dengan deskripsi dan penilaian karya Affandi dengan bahasa yang santun.

TUGAS

Silahkan mengerjakan pada buku tulis, kerjakan beserta soalnya
Lembar Kerja Peserta Didik 1
  1. Yang dimaksud dengan tanggapan adalah .....
  2. Fungsi teks tanggaoan adalah .....
  3. Cara memberi tanggapan adalah .....
  4. Permasalahan yang sering ditanggapi .....
Lembar Kerja Peserta Didik 2 (Silahkan membuka buku paket bacaan halaman 90-92), kemudian jawablah pertanyaan berikut.
  1. Karya apa yang ditanggapi teks di atas!
  2. Bagaimana bentuk tanggapannya?
  3. Tulislah kalimat tanggapan yang terdapat dalam teks di atas!
  4. Simpulkanlah isi teks tanggapan di atas!
LINK PENGUMPULAN TUGAS: https://forms.gle/SBaXsEidfBhYpw41A

SEMANGAT DAN SELAMAT MENGERJAKAN 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be