Langsung ke konten utama

MATERI KELAS 9 - BAHASA INDONESIA- contoh Laporan Hasil Percobaan

Teks Laporan Percobaan Tanaman Hidroponik


Sumber: http://www.bertaniorganik.com

Judul: Menanam Tanaman Hidroponik dengan Alat Sederhana





1. Tujuan

Di zaman yang semakin canggih ini kehidupan manusia semakin cenderung komsumtif sehingga produktifitas manusia serta kreatifitasnya menjadi sangat rendah. Salah satu upaya untuk tidak berperilaku komsumtif adalah belajar budidaya tanaman hidroponik untuk makanan sehari-hari.

 

2. Kajian Teori



Contoh pada buku paket halaman 17Kajian teori menjelaskan tentang pengertian tanaman hidroponik (berisi tentang pengertian judul yang akan dibuat percobaan)
 

 

 

 

Tanaman hidroponik merupakan tanaman yang media tanamnya bukan berupa tanah. Teknik menanam yang satu ini biasanya menggunakan media tanam air. Tanaman hidroponik juga tidak membutuhkan banyak air, tidak perlu melakukan penyiraman seperti tanaman yang ditanam pada media tanah. Tanaman Hidroponik Adalah? Ini Penjelasannya

Teknik penanaman hidroponik merupakan teknik bercocok tanam yang ramah lingkungan. Sayuran yang ditanam dengan hidroponik lebih sehat serta aman dikonsumsi. Sebagian orang mungkin masih sangat asing dengan tanaman hidroponik. Namun sebenarnya sudah banyak orang yang menggunakan metode penanaman tanaman yang satu ini.

Perkembangan metode penanaman yang satu ini memang tidak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pasalnya, beberapa orang merasa ragu untuk menerapkannya karena khawatir mengenai kuantitas hasil panennya. Namun sebenarnya hasil panen dari teknik menanam hidroponik memiliki kualitas dan kuantitas yang baik.

Teknik menanam hidroponik tidak dapat diterapkan untuk semua jenis tanaman. Hanya beberapa saja yang cocok dan mampu tumbuh subur dengan hasil yang memuaskan. Teknik menanam hidroponik sendiri sangat cocok diterapkan bagi anda yang memiliki lahan terbatas. Anda tidak membutuhkan lahan berupa tanah luas, gantikan saja dengan teknik menanam hidroponik.

Begitu juga untuk anda yang memiliki lahan kurang subur, penanaman menggunakan teknik hidroponik dapat membantu mendapatkan hasil panen memuaskan. Anda dapat menerapkan penanaman dengan teknik hidroponik dari hobi, jika sudah berhasil maka anda dapat menjadikannya sebagai bisnis menguntungkan.

Jika anda sebelumnya bertanya-tanya tanaman hidroponik adalah? Saat ini tentu anda sudah paham apa yang dimaksud dengan hidroponik itu sendiri. Setelah mengetahuinya, tidak ada salahnya jika anda mencoba menanam tanaman dengan teknik atau metode penanaman hidroponik. Terlebih lagi bagi anda yang tidak memiliki lahan luas atau tanah di sekitar rumah anda kurang subur.

Selain itu, ketahui pula apa saja jenis metode penanaman hidroponik. Antara lain yaitu:

  1. Hydroponic Kultur Agregat

Teknik penanaman hidroponik ini menggunakan media pasir, kerikil, sekam padi, arang dan bahan-bahan yang sudah disterilkan.

  1. Hydroponic Kultur Air

Teknik penanaman hidroponik yang satu ini menggunakan larutan hara mikro dan makro. Dimana penanaman tanaman dilakukan dengan pada sebuah media dan larutan tersebut diletakkan dibagian dasar. Tujuannya yaitu agar akar tanaman dapat menyerap dan menyentuh larutan yang kaya akan nutrisi tersebut.

  1. Hydroponic Nutrient Film Technique

Teknik penanaman hidroponik ini dilakukan pada selokan yang sempit dan panjang. Media tanamnya dapat dibuat dari lempengan logam yang tipis dan juga anti karat.

Selanjutnya selokan akan diberi nutrisi pada airnya untuk diserap tumbuhan yang ditanam. Lama-kelamaan akan muncul lapisan tipis yang disebut film disekitar daerah akar tanaman. Fungsi film tersebut yaitu sebagai makanan tanaman hidroponik tersebut.

 

Untuk teknik penanaman hidroponik yang terakhir, ada beberapa unsur penting yang harus di perhatikan. Antara lain:

  1. Media Tanam

Untuk media tanamnya yaitu menggunakan media tanam dengan kelembaban serta unsur hara yang cukup. Tidak hanya itu saja, media tanam yang terbaik untuk teknik penanaman hidroponik ini memiliki drainase yang bagus.

Dengan begitu terbebas dari zat-zat yang beracun atau berbahaya bagi tanaman.

  1. Air

Air adalah unsur paling penting untuk tanaman hidroponik untuk mendukung pertumbuhannya. Kualitas tanaman dan hasil panen tanaman hidroponik sangat bergantung pada unsur yang satu ini.

  1. Unsur Hara

Unsur hara merupakan unsur yang tidak kalah penting dalam tumbuh kembang tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik memerlukan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sangat disarankan untuk memberikan larutan unsur hara pada tanaman hidroponik secara teratur.

  1. Oksigen

Unsur lain dalam penanaman hidroponik yang perlu diperhatikan yaitu kadar oksigennya. Hindari sebaik mungkin agar kadar oksigen pada tanaman hidroponik rendah.

Pasalnya kondisi tersebut dapat menyebabkan dinding sel sulit untuk ditembus. Hal tersebut dapat berakibat buruk bagi tanaman hidroponik. Tanaman dapat layu dan kekurangan air yang membuatnya semakin berisiko untuk mati.

Berikut ini ada beberapa tanaman yang dapat ditanam dengan teknik hidroponik. Penanamannya dapat dilakukan di rumah untuk dijadikan tanaman hias atau jika skalanya cukup besar cukup untuk dikonsumsi sendiri.

 

Langsung saja, ini dia jenis-jenis tanaman yang dapat ditanam dengan teknik hidroponik di rumah:

  1. Selada

Selada merupakan salah satu jenis sayuran yang ditanam menggunakan teknik hidroponik. Sayuran ini mampu tumbuh subur dengan menggunakan teknik penanaman tanpa media tanah ini.

Oleh sebab itu, selada banyak dibudidayakan dengan metode hidroponik. Selain dapat tumbuh subur, perawatan untuk tanaman hidroponik yang satu ini cukup mudah. Anda tidak perlu melakukan perawatan ekstra untuk membudidayakan tanaman hidroponik selada, dapat menghemat waktu Anda. Saat bibit disemai, seminggu kemudian tanaman akan mengeluarkan 2 lembar daun. Jika bibit tersebut dipindahkan ke media utama dengan nutrisi yang cukup maka pertumbuhannya semakin cepat. Tips untuk anda yang ingin membudidayakan selada dengan teknik penanaman hidroponik yaitu dengan memotong daun luarnya. Dengan begitu, daun bagian dalam akan tumbuh subur menggantikan daun yang sudah anda potong. Peluang bisnis jual daun selada ini cukup menjanjikan, anda dapat menjualnya ke pedagang burger atau pedagang makanan lain yang sering menggunakan daun selada. Untuk hasil panen yang lebih memuaskan, jangan lupa untuk membersihkan hama yang biasanya menempel pada daun-daun selada.

 

  1. Timun

Timun juga termasuk salah satu jenis tanaman hidroponik yang banyak dibudidayakan. Tanaman hidroponik yang satu ini membutuhkan perhatian ekstra untuk mendapatkan hasil panen yang bagus. Jika tidak diberikan perhatian yang ekstra, sulit sekali bagi timun untuk tumbuh subur dan cepat berbuah. Tanaman hidroponik ini membutuhkan sinar matahari yang cukup, untuk itu banyak petani hidroponik yang menanamnya di rumah kaca. Jika anda menanam tanaman hidroponik timun maka pastikan tanaman ini mendapatkan paparan sinar matahari yang baik.

Tidak hanya itu saja, timun juga membutuhkan tempat yang lebih besar ketika sudah mulai tumbuh besar. Untuk itu, sebaiknya gunakan botol plastik besar sebagai media tanam tanaman hidroponik yang satu ini. Dengan begitu tumbuhan timun dapat tumbuh subur dengan bentuk yang sempurna dan hasil panen maksimal.

 

  1. Bayam

Bayam merupakan tanaman sayuran yang berdaun hijau, sayuran ini juga dapat ditanam dengan teknik hidroponik. Sayuran bayam dapat tumbuh dengan baik dan subur dengan menggunakan teknik menanam hidroponik.

Sebenarnya tidak hanya bayam, sayuran hijau seperti sawi, kangkung dan selada air juga sangat cocok ditanam dengan metode hidroponik. Namun anda diminta untuk ekstra memantau pertumbuhan sayuran hijau ini.

Sayuran ini dapat tumbuh terlalu besar yang akan membuat sirkulasi udara pada tanaman ini berkurang. Akibatnya tanaman menjadi mudah layu atau bahkan mati.

Oleh karena itu, anda harus memanen bayam atau sayuran hijau lainnya di waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk memanen sayuran hidroponik ini yaitu hari ke 26 sampai ke 29 sejak bibit tanaman disemai.

Jika tanaman hidroponik ini dipanen pada usia lebih dari 29 hari maka akan memiliki rasa yang pahit.

 

  1. Melon

Selain sayuran, buah-buahan juga dapat ditanam dengan subur menggunakan teknik hidroponik. Buah-buahan yang cocok dengan teknik penanaman ini salah satunya yaitu melon.

Selain melon, buah-buahan lain yang juga dapat ditanam menggunakan teknik hidroponik antara lain yaitu cabe dan tomat. Baik melon, cabe atau tomat, tanaman hidroponik tersebut dapat tumbuh subur dan cepat berbuah jika penanamannya menggunakan hidroponik.

Untuk menanam melon, anda harus memperhatikan pencahayaan dan juga nutrisi airnya. Penanaman melon membutuhkan media tanam yang besar karena tumbuhan ini dapat tumbuh besar.

  1. Tanaman Herbal

Anda juga dapat menanam tanaman herbal dengan metode tanam hidroponik. Anda dapat mencobanya sendiri di rumah, tanaman herbal yang dapat anda tanam secara hidroponik antara lain yaitu basil, ketumbar dan daun mint.

 

  1. Bunga Mawar

Teknik hidroponik juga dapat diterapkan untuk budidaya bunga mawar. Tidak hanya buah dan sayur saja yang dapat dibudidayakan dengan teknik hidroponik, bunga juga termasuk. Anda dapat menanam bunga mawar secara hidroponik untuk dijadikan sebagai hiasan rumah.

Memiliki rumah yang cantik dan penuh bunga tidak harus didukung oleh lahan yang luas. Lahan yang sempit juga dapat anda manfaatkan untuk menanam bunga mawar yang cantik, tentunya dengan menggunakan teknik hidroponik.

Selain mawar, bunga anggrek juga dapat tumbuh baik dan cepat mekar jika ditanam dengan teknik hidroponik.





 


3. Alat dan Bahan:
  • 1 botol air mineral
  • Kemudian sediakan alat pemotong
  • Kain flanel atau sumbu kompor
  • Solder untuk melubangi
  • Serta siapkan air nutrisi
  • Talang, Pipa serta pompa air




 

4. Prosedur/ Cara Kerja

Langkah Pembuatan dengan Percobaan 1

  1. Potonglah botol air mineral yang telah disediakan terlebih dahulu menjadi 2 bagian.
  2. Lalu lubangi tutup botolnya.
  3. Berikutnya, moncong botol diarahkan menghadap ke bawah lalu gabungkan dengan bagian botol yang satu bagian tadi.
  4. Kain flanel atau sumbu kompor yang telah disiapkan tadi dipasangkan ke lubang tutup botol, aturlah dan pastikan kalau sumbu dapat menyerap air nutrisi.
  5. Setelah itu bibit tanaman dapat ditanamkan di bagian atas botol dengan menggunakan tanah secukupnya.
  6. Bagian botol yang bawah diisi dengan air nutrisi

 

Langkah Pembuatan dengan Percobaan 2

  1. Langkah kedua diawali dengan menyiapkan talang, atau pipa serta pompa
  2. Buatlah lubang dengan ukuran yang sama antara yang satu dengan yang lainnya
  3. Susunlah talang atau pipa tadi sesuai dengan tempat yang sudah disiapkan untuk dijadikan tanaman hidroponik ini.
  4. Siapkan penampung yang lebih rendah pada ujung pipa
  5. Lalu, pasang pompa untuk dapat mengalirkan alir dengan sempurna dan maksimal.




 

5. Hasil Pengamatan

 

Hasil Percobaan 1

Dengan bahan sederhana tanaman hidroponik juga dapat tumbuh dengan baik sebagaimana yang diharapkan, konsep percobaan I ini lebih hemat biaya dan hemat waktu. Tumbuhan yang dimakan juga sangat sehat dan dapat dikonsumsi untuk kebutuhan sehari hari

 

Hasil percobaan 2

Tanaman dengan cara kedua ini tumbuh dengan baik sebagaimana yang diinginkan. Dan tumbuhan juga sangat sehat untuk dikonsumsi. Dapat dilihat bahwa dengan percobaan II ini tanaman hidro ini tumbuh dengan proses akar yang dialiri air nutrisi pada lapisan nutrisi, oksigen serta aliran air yang maksimal.

 

6. Pembahasan






Contoh pada buku paket halaman 19Pembahasan menjelaskan tentang pemaparan prosrs secara keseluruhan dari awal.

 7.Kesimpulan

 

Antara percobaan I dan II semua tanaman hidroponik tumbuh dengan baik sebagaimana yang diharapkan namun percobaan I lebih murah dibanding cara II yang harus menggunakan pipa dan pompa. Dua-dua memiliki hasil yang sama dan dapat digunakan dengan tempat yang sama.

 

Daftar pustaka

1. https://budidayakita.com/tanaman-hidroponik/

2. https://mamikos.com/info/contoh-teks-laporan-percobaan-dan-strukturnya/

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

Assalamualikum anak-anak kelas 7D, bagiamana kabarnya hari ini? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Hari ini waktunya belajar Bahasa Indonesia memasuki materi pada BAB baru yaiku Teks Cerita Fabel. Adapun persiapan pembelajaran yang harus dilakukan dalam belajar di BAB ini yaitu ada 4 poin, coba anak-anak perhatikan peta konsep di atas, kemudian perhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan materi berikut ini.   Tujuan Pembelajaran: Setelah mempelajari BAB ini, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi tentang teks fabel/ legenda daerah setempat yang di baca dan di dengar menceritakan kembali isi fabel. legenda daerah setempat yang dubaca dan didengar menelaah stuktur dan kebahasaan teks fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar memerankan isi fabel daerah setempat yang dibaca dan didengar A. Mengidentifkasi informasi tentang fabel Kalian tentu pernah membaca fabel. Mengapa nenek moyang kita menciptakan fabel? Pada semester lalu kamu sudah belajar cerita fan

TUGAS BAHASA INDONESIA - MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN

     MENYIMPULKAN INFORMASI ISI TEKS TANGGAPAN Guru           : Susi Purwaningsih, S.Pd Kelas         : 9 A,B&C SMP WAHID HASYIM MALANG Assalamualaikum anak-anak kelas 9 bagimana kabar kalian hari ini? bu Susi berharap kalian dalam keadaan baik dan semoga selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Dimasa pandemi ini kalian belajar harus tertuntut lebih disiplin dan mandiri semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap untuk belajar dengan semangat baru. Baiklah kita mulai lagi untuk belajar pada materi baru, sebelum belajar dan sebelum bu susi jelaskan materi maka marilah kita berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Hari ini kita akan belajar mengenai materi lanjutan yakni tentang Teks Tanggapan jika di pertemuan lalu sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan teks tanggapan, bagaimana cara menentukan tanggapan. Nah, bu susi berharap kalian dapat memahami materi di pertemuan sebelumnya dengan seksama sebagai bekal untuk mempelajari materi selanjutnya.  Be

Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi

 Guru                       : Susi Purwaningsih, S.Pd Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia/ Genap Indikator Pencapaian : Menyebutkan informasi dari teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari                                                        permasalah aktual Assalamualaikum wr.wb anak-anak hari ini untuk pelajaran Bahasa Indonesia memasuki materi baru tentang teks diskusi. Silahkan untuk menyimak dan membaca penjelasan materi berikut dengan sungguh-sungguh sebelum mengerjakan tugas yang telah diberikan. Mengidentifikasi Informasi Teks Diskusi Diskusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi pada umumnya dilakukan oleh dua kelompok yang membicarakan suatu masalah. Sama seperti diskusi, teks diskusi mempunyai pengertian suatu jenis teks yang mempunyai pendapat mengenai suatu hal. Hal yang mendasari teks diskusi adalah pendapat. Pendapat dalam sebuah teks diskusi bisa setuju (pro) ataupun tidak setuju (