Langsung ke konten utama

Postingan

BAB 4 (Pertemuan 1) - Mengidentifikasi Informasi Teks Tanggapan

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia  Materi : Teks Tanggapan Tugas : Pertemuan 1  Guru : Susi Purwaningsih, S.Pd Buku : Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas IX Edisi Revisi 2018 TEKS TANGGAPAN Assalamualaikum wr.wb anak-anak selamat pagi salam sehat dan semangat belajar pada materi baru. Pada pertemuan kali ini anak-anak akan belajar mengenai Teks Tanggapan.  Tujuan Pembelajaran:  1. Peserta didik mampu menjelaskan teks tanggapan dengan baik 2. Peserta didik mampu menjelaskan cara memberi tanggapan dengan baik 3. Peserta didik mampu menjelaskan isi informasi teks tanggapan yang sudah dibaca dengan baik MATERI PEMBELAJARAN PENGERTIAN TANGGAPAN Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Tanggapan adalah sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar, dan sebagainya). Apa yang di terima oleh panca indra, bayangan dalam angan-angan. Menurut Wikipedia Tanggapan adalah penilaian berupa kritik atau pujian terhadap suatu teks berupa teks sastra, artikel, berita, atau karya seni. CARA M...

UJI KOMPETENSI ULANGAN HARIAN 3

Assalamualikum anak-anak untuk tugas bahasa Indonesia hari ini, silahkan mengerjakan soal uji kompetensi ulangan harian tentang BAB 3- Cerita Pendek. Kerjakan soal-soal berikut dengan sungguh-sungguh dan jangan malas membaca! LINK SOAL UH 3:  https://forms.gle/Ysek8v5QbD16dqrX8 SEMANGAT MENGERJAKAN SEMOGA SUKSES

BAB 3 (pertemuan 3) - 4.6 Aspek Kebahasaan Cerita Pendek

  Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Materi                : Aspek Kebahasaan Cerita Pendek Tugas                 : Bulan Oktober- November Guru                   : Susi Purwaningsih, S.Pd Sumber               :  Buku Paket  Bahasa Indonesia SMP/ MTs IX Assamualaikum anak-anak kelas 9, bagaimana kabarnya hari ini? semoga senantiasa sehat selalu dan siap untuk belajar dengan semangat. Hari ini kita belajar memahami dan berlatih tentang aspek kebahasaan cerita pendek. -  Ciri-ciri Kebahasaan Teks Naratif Sudut pandang pencerita menjadi ciri kebahasaan khas cerpen, pencerita menjadi orang pertama atau ketiga.  Beberapa dialog dapat dimasukkan, menunjukkan waktu kini atau lampau. Kata benda khusus, pilihan kata benda yang berm...

BAB 3 - (pertemuan 4) Menelaah urutan teks prosedur sesuai dengan struktur

  Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Materi                : Menelaah urutan teks prosedur sesuai dengan struktur Tugas                 : Rabu, 21/10/2020  Guru                   : Susi Purwaningsih, S.Pd Sumber               :  Buku Paket  Bahasa Indonesia SMP/ MTs VII  Assamualaikum anak-anak kelas 7D, bagaimana kabar kalian hari ini? semoga senantiasa sehat selalu dan siap untuk belajar dengan semangat. Minggu lalu di pertemuan ke-3 pelajaran bahasa indonesia kalian semua telah mempelajari tentang struktur dan penggunaan bahasa pada teks prosedur.  Apakah kalian semua sudah memahaminya dengan membaca materi yang telah dipaparkan? Bu susi berharap kalian memahami dengan baik di kondisi pembelajaran daring ini. Hari ...

BAB 3 (pertemuan 2) 4.6 - Menjelaskan Struktur dan Aspek Kebahasaan cerita pendek

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Materi                : Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek Tugas                 : (Minggu ke-2 bulan Oktober) Guru                   : Susi Purwaningsih, S.Pd Sumber               :  Buku Paket  Bahasa Indonesia SMP/ MTs IX Assamualaikum anak-anak kelas 9, bagaimana kabar kalian hari ini? semoga senantiasa sehat selalu dan siap untuk belajar dengan semangat. Minggu lalu di pelajaran bahasa indonesia kalian semua telah mempelajari tentang mengidentifikasi cerita pendek, mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, fungsi, jenis dan teknik mengarangnya. Aoakah kalian semua sudah memahaminya dengan membaca materi yang telah dipaparkan? Bu susi berharap kalian memahami dengan baik di kondisi...

BAB 3- (pertemuan 3) 3.6 Menelaah Struktur dan Bahasa pada Teks Prosedur

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Materi                    : Menelaah struktur dan bahasa pada teks prosedur Tugas                      : Rabu, 14/20/2020 (Minggu ke-2 bulan Oktober) Guru                        : Susi Purwaningsih, S.Pd Sumber                   :  Buku Paket  Bahasa Indonesia SMP/ MTs VII  Penjelasan Materi Pada bagian ini anak-anak akan mempelajari materi lanjutan dari minggu lalu. Mempelajari secara rinci bagian-bagian/ struktur teks prosedur, membedakan jenis teks prosedur, menelaah penggunaan bahasa dalam teks prosedur. Kegiatan kedua ini bekal anak-anak menghasilkan teks prosedur yang baik. Selain itu, pada kegiatan ini anak-anak akan berlatih melengkapi dengan pilihan kata yang tepat, memperbaiki panggunaan ...

BAB 3 (Pertemuan 1) 3.5 Mengidentifikasi Cerita Pendek

Materi: Meyusun Cerita Pendek Tujuan Pembelajaran: Mengenal tujuan dan fungsi teks narasi, mengetahui struktur cerpen Guru: Susi Purwaningsih, S.Pd Silahkan dibaca materi berikut ini dengan seksama!   MENYUSUN CERITA PENDEK Tujuan dasar naratif adalah untuk menghibur dan memikat pembaca atau pendengar. Naratif juga bertujuan memberi pengetahuan, ajaran, atau sebagai pendapat untuk mengubah perilaku. Tujuan ganda naratif adalah untuk mendidik dan menghibur. Tipe naratif dapat berupa karya imajiner, faktual, atau kombinasi keduanya. Teks naratif misalnya cerita peri, misteri, fiksi ilmiah, roman, cerita horor, cerita petualangan, fabel, mitos, legenda, naratif historis, balada, pengalaman pribadi, dan lembar kehidupan. Novel, film, drama, dan cerpen juga termasuk dalam teks naratif. Naratif merupakan teks yang berfokus pada tokoh khusu. Fungsi sosial naratif adalah menceritakan kisah atau peristiwa lalu untuk penghiburan khalayak. Dalam naratif terdapat urutan peristiwa orang/ tokoh ...